Gempa Guncang Bengkayang dan Landak, Getaran Dirasakan Dalam Rumah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya memastikan, guncangan yang terjadi di Kabupaten Bengkayang dan Landak, Kalimantan Barat, merupakan gempa berkekuatan 4.0 mangnitudo.

Gempabumi tersebut terjadi pukul 17:24:25 WIB, Kamis (15/6/2023). Adapun episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.89 LU dan 108.94 BT, atau tepatnya berlokasi 5 km Barat Daya Singkawang pada kedalaman 32 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal,"kata Tony Agus Wijaya, Kamis (15/6/2023).

Adapun dampak gempabumi ini dirasakan di Landak dan Bengkayang dengan intensitas II-III MMI. Getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah.

"Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," terangnya.

Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut.

Namun demikian, masyarakat di wilayah Landak dan Bengkayang diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya. (Andi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment