Dampak Karhutla Sangat Luas, Dewan Pontianak Zulfydar: Antisipasi Harus Gencar Dilakukan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar meminta BPBD Kota Pontianak mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla yang berpotensi terjadi di sejumlah titik.

Menurutnya, Karhutla telah berdampak luas bagi segala sektor, mulai dari perekonomian hingga kesehatan masyarakat.

"Bahkan (dampak Karhutla) berpotensi menimbulkan masalah sosial lainnya. Makanya kita minta instansi terkait melakukan antisipasi," kata Zulfydar Zaidar Mochtar, Selasa (1/8/2023).

Ia mengatakan, kebakaran lahan merupakan bencana yang hampir terjadi setiap tahun. Bila musim panas tiba, kebakaran lahan pun terjadi.

"Kita lihat sejumlah wilayah di Kalimantan Barat mulai dikepung asap. Kita bersyukur Kota Pontianak belum ada titik api," ujarnya.

Kebakaran lahan di wilayah Kalbar saat ini pun mulai terjadi. Pontianak juga terancam kebakaran lahan, karena memiliki wilayah gambut. Ancaman ini perlu diantisipasi.

Karenanya, BPBD Pontianak mesti melakukan mitigasi pencegahan. Sehingga, bila pun terjadi kebakaran lahan, maka bisa segera ditangani.

"Kita sarankan agar dibentuk tim penanggulangan Karhutla dengan melibatkan masyarakat di rukun warga dan rukun tetangga," katanya.

Di sisi lain, ia juga berharap agar ada kerja sama antara Pemerintah Kota Pontianak dan Kubu Raya melalui BPBD Provinsi Kalbar dalam penangan kebakaran lahan. (Andi)***

Leave a comment