Momen O2SN dan FLS2N, Disdukcapil Kayong Utara Jemput Bola Pelengkapan Dokumen Kependudukan

7 Mei 2024 14:40 WIB
Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara melakukan program jemput bola dalam pelengkapan dokumen kependudukan di halaman kantor Dinas Pendidikan/ist.

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Momen Olimpiade Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara di halaman Dinas Pendidikan dimanfaatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara untuk melakukan program  jemput bola dalam pelengkapan dokumen kependudukan.

Dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kayong Utara Aslinda, giat layanan jemput bola yang dilaksanakan di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara merupakan kolaborasi dan kerjasama yang telah di jalin antar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kayong Utara dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan dan percepatan kepemilikan dokumen kependudukan.

"Pelayanan dokumen meliputi layanan cetak KIA dan Akta Kelahiran yang dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 6 sampai dengan tanggal 7 Mei 2024 di halaman parkir Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara.

Dengan memanfaatkan event-event yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil akan berkolaborasi dan hadir memberikan pelayanan yang lebih dekat, " tutur Aslinda.

Selain memberikan pelayanan cetak KIA dan Akta Kelahiran, Dinas Dukcapil juga  membuka layanan untuk aktivasi IKD (identitas kependudukan digital) bagi warga Kayong Utara yang telah memiliki KTP elektronik. KTP elektronik ini mempermudah masyarakat, karena sudah KTP elektronik ini sudah tersimpan di handphone.

KTP digital juga dapat dibuat lebih cepat dan praktis, tidak perlu disimpan di dompet, cukup disimpan di smartphone. KTP digital adalah kartu tanda penduduk dalam bentuk aplikasi di smartphone  yang dilengkapi QR Code. KTP jenis ini akan menjadi identitas digital penduduk Indonesia," terang Aslinda. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment