Kasus DBD Tinggi, Dewan Pontianak Dewan Zulfydar Minta Pemerintah Gencarkan Fogging

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Komisi IV DPRD Kota Pontianak, Zulfydar Zaidar Mochtar mendorong Dinas Kesehatan Kota Pontianak menggencarkan fogging, untuk menekan kasus demam berdarah dangue atau DBD yang mulai meningkat di Kota Pontianak.

"Kita melihat kondisi DBD di Kota Pontianak sudah tingkat mengkhawatirkan karena rumah sakit sudah memviralkan over kapasitas," kata Zulfydar Zaidar Mochtar, Sabtu (12/8/2023).

Zulfydar juga mengimbau masyarakat waspada terhadap DBD. Jaga kebersihan lingkungan, dan mengubur barang bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Di samping itu, legislator PAN ini juga meminta agar kekebalan tubuh anak ditngkatkan dengan pemenuhan vitamin dan suplemen makanan.

"Paling tidak anak diberi minyak serai untuk dioleskan ke tangan dan kaki agar terhindar dari gigitan nyamuk," pesannya.

Sementara, jika anak demam dan tiga hari panas tak turun, maka diimbau segera bawa ke dokter supaya bisa mendapat pengobatan yang tepat.

Untuk diketahui, Dinas Provinsi Kalbar nencatat, kasus DBD dari Januari hingga Agustus ini mencapai 1.306 kasus. 19 penderita meninggal dunia.

Peningkatan kasus DBD kembali terjadi di bulan Agustus ini. Bahkan ruang rawat inap RSUD Soedarso mengalami over kapasitas akibat meningkatnya pasien rawat inap DBD. (Andi) ***

Leave a comment