Ormas BERANI Kalbar Diharapkan Jadi Simpul Perekat Persaudaraan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ratusan pemuka agama dan pemuda lintas iman Kalimantan Barat, mendeklarasikan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah atau DPW Badan Persaudaraan Antariman atau disingkat BERANI.

Keberadaan organisasi BERANI diharapkan dapat menjadi simpul persaudaraan dan perekat persatuan antarseluruh masyarakat Kalbar. Terutama jelang Pemilu 2024.

Ketua umum DPP BERANI, Pendeta Lorens Manuputty mengatakan, tujuan didirikannya organisasi ini untuk menjadi simpul persaudaraan dan persatuan. Utamanya di Kalbar yang heterogen.

Lorens berharap, kehadiran BERANI di Kalbar sebagai tonggak kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai miniatur Indonesia, Kalbar punya peran besar sebagai perekat Kebhinekaan,” tuturnya, Jumat (25/8/2023).

Sementara itu, Sekjen DPP BERANI, Ardy Susanto berpesan kepada pengurus untuk segera merapikan barisan dan menancapkan panji organisasi di seluruh kabupaten kota. Ia juga menitipkan agar pengurus menjaga marwah organisasi.

“Sebagai organisasi yang lahir karena cita-cita pendiri PKB, Gusdur, BERANI diharapkan sebagai wadah dan ruang bagi komunitas lintas iman dan adat yang ada di Kalbar. Diharapkan BERANI bisa merangkul seluruh umat,” tuturnya.

Anggota DPR RI Dapil Kalbar I, Daniel Johan berharap agar BERANI dapat meneruskan cita-cita Gusudur mengangkat harkat martabat kemanusiaan.

"Keanekaragaman ini merupakan warisan dari Alm KH Abdurrahman Wahid, Gus Dur. Gus Dur mengutamakan kemanusian lebih tinggi dari apapun termasuk politik," kata Daniel Johan. (Andi)***

Leave a comment