Simulasi Tanggap Darurat Jadi Giat K3 Rutin Telkom Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – Simulasi tanggap darurat menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Telkom Kalbar.

Kegiatan rutin yang digelar Telkom Kalbar per triwulan tersebut merupakan bentuk implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dalam kegiatan tersebut akan melibatkan seluruh karyawan dan pengunjung yang sedang berada pada gedung atau bangunan sekitar Telkom Kalbar.

Hal ini dilakukan untuk membiasakan karyawan terhadap situasi yang membahayakan serta dapat menanganinya dengan cepat.

“Kami biasanya memulai simulasi dengan menghidupkan alarm dan menghitung jangka waktu yang diperlukan untuk menuju titik kumpul,” Kata Andri Dwi Astuti, Manajer HR dan CPC Telkom Kalbar, Rabu (23/8/2023).

Disamping itu, Telkom Kalbar juga bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan sosialisasi tentang tanggap bencana.

“Selain pihak internal kami juga menggunakan pihak eksternal dalam sosialisasi dan implementasi K3,” sambungnya.

Tak hanya itu, Telkom Kalbar juga memberikan cara menangani api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Kami harap yang dapat menggunakan APAR tidak hanya tenaga K3 saja, tetapi seluruh karyawan dapat menggunakannya,” kata Andri.

Ia menambahkan, kegiatan ini rutin dilakukan selain ingin membuat budaya K3 di lingkungan kerja juga upaya mempertahankan predikat zero accident. (Greg)***

Leave a comment