BPJS Pontianak, Lakukan Sosialisasi APAR dan Simulasi Pemadam Kebakaran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK insidepontianak.com - Guna menekan angka kecelakaan yang terjadi, kantor BPJS Kota Pontianak telah melengkapi alat keamanan berupa APAR atau Alat Pemadam Kebakaran Ringan.

Selain, mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta memberikan jaminan perlindungan sosial (Jamsostek) bagi semua pekerjanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Kepala Bidang Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Syarifuddin
bahwa disetiap kantor maupun cabang BPJS telah membekali keselamatan kerja dengan safety, termasuklah APAR untuk mengatisipasi kebakaran.

"Kami di BPJS ketenagakerjaan, disetiap kantor menyiapkan alat-alat keamanan safety seperti APAR," jelasnya.

"Alat safety harus ada, dan juga menyediakan jalur evakuasi untuk berjaga-jaga dalam situasi yang darurat," tambahnya

Ia mengatakan, selain persedian alat safety pihaknya juga malakukan sosiaslisasi kepada petugas pemadam kebakaran.

"Kita rutin juga melakukan pelatihan kepada setiap karyawan dalam penggunaan alat safety untuk diterapkan dalam menjaga keselamatan kerja," ungkapnya

Diakuinya, khususnya dalam penggunaan APAR ada simulasi dalam penggunaan alat, dan melakukan kerja sama terhadap petugas yang menangani kebakaran untuk dilakukan pelatihan.

Untuk itu, lanjutnya menghimbau kepada seluruh petugas BPJS ketenagakerjaan untuk melakukan titik kumpul untuk diadakan pelatihan.

Disamping itu, Syarifuddin menyampaikan selain menjaga keamanan, kesehatan setiap karyawan juga menjadi prioritas terpenting saat berkerja.

"Semua karyawan disini kita adakan Medical Chek Up (MCU) untuk memastikan semua karyawan sehat," tuturnya.

"Dan jika nantinya terdapat hasil yang menunjukan ketidaksehataaan maka kita akan tindaklanjuti, untuk ke Dokter spesialis. Semua karyawan kita pastikan bahwa semuanya sehat," tutup Syarifuddin (Evi)***

Leave a comment