PT. IMF Pontianak: Sudah Terapkan Prosedur K3 Antisipasi Keselamatan Kerja Karyawan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PT. Insight Medica Fame merupakan perusahaan distribusi alat kesehatan di Kalimantan Barat yang sudah berdiri kurang lebih 13 tahun.

Sebagaimana diketahui, penerapan keselamatan kerja pada perusahaan ini tentu menjadi hal utama yang mesti dilakukan.

Penerapan tersebut telah dibuat dan disesuaikan dengan prosedur Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 yang ada.

Adapun Alat Pelindung Diri atau APD, peralatan keselamatan kerja dan jalur evakuasi sudah diterapkan sesuai prosedurnya.

“Pakaian APD dan peralatan keselamatan kerja sudah kami gunakan dan terapkan di PT.IMF,” kata Hanifa Dia Putriyana, kepala pabrik PT. IMF, Jumat (8/9/2023).

Ia mengatakan, bahwa PT. IMF memiliki tingkat resiko kecelakaan yang cukup tinggi, maka harus dibekali dengan perlengkapan K3.

“Banyak mesin-mesin yang kami gunakan untuk produksi, sehingga kami selalu menghimbau karyawan untuk tetap memperhatikan keselamatan kerja,” sambungnya.

Sementara itu, penataan ruangan seperti jalur evakuasi dan alat Alat Pemadam Api Ringan atau APAR harus tersedia disetiap ruangan.

“Kami juga sudah menempelkan larangan-larangan, jalur evakuasi dan menyediakan APAR,” ujar Hanifah.

Adapun ruangan yang terdapat pada PT.IMF terdiri dari ruangan produksi, bengkel dan beberapa gudang bahan baku dan jadi.

Disamping itu, Hanifah menjelaskan bahwa penerapan K3 ini juga merupakan anjuran dari Disnakertrans Provinsi Kalimantan Barat, sebagaimana diketahui sebagai produser harus wajib memiliki prosedur K3.

“Apalagi kami memeliki karyawan lebih dari 50 orang, pasti menjadi pantauan dari Disnakertrans Prov. Kalbar,” sambungnya.

Sementara itu, Hanifah mengungkapkan harus tegas kepada karyawan karena mereka terkadang menghiraukan keselamatan kerja.

“Padahal kami sudah memberikan atribut APD lengkap, tetapi masih saja ada yang tidak menggunakannya saat bekerja,” pungkasnya. (Greg)***

Leave a comment