Optimalisasi Pengelolaan Limbah, Dinas LH Sanggau Sosialisasikan APK Simpel Bagi Pelaku Usaha

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sanggau berikan sosialisasi penggunaan aplikasi Simpel (Sistem Informasi Pelaporan Limbah Secara Elektronik) kepada pelaku usaha.

Hal itu dilakukan dalam rangka optimalisasi pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) di Aula Dinas LH Sanggau.

Pelaksanaan Kegiatan ini sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 6 tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Agus Sukamto menjelaskan kegiatan dilaksanakan guna mendorong kepatuhan para pelaku usaha untuk melaporkan pengelolaan limbah B3 melalui sistem digital pada Aplikasi Simpel yang telah dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Tujuannya satu, supaya keberadaan limbahnya itu terdeteksi," ungkap Agus.

Agus melanjutkan, penggunaan aplikasi Simpel memudahkan para pelaku usaha dalam melaporkan secara detail limbah B3 yang dihasilkan, mulai dari volume limbah, tujuan pembuangan dan orang yang laksanakan tugas membuang limbah.

Dengan digitalisasi, para pelaku usaha bisa melaporkan limbah yang dihasilkan dari usaha yang dijalankan, secara mudah, cepat dan efesian.

"Sebelumnya pelaporan dilakukan dengan manual atau pelaku usaha datang langsung ke kantor LH membawa berkas laporan pengelolaan limbahnya. Karena banyak saran untuk efesiensi pelaporan oleh para pelaku usaha, maka kemudian dari kementrian KLHK menerapkan sistem digital untuk pelaporan dengan aplikasi Simpel ini," ungkap Agus

Selanjutnya, Sumardi selaku Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pengolahan Limbah B3 mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ini melibatkan peserta yang terdiri dari pelaku usaha perbengkelan, pergudangan, kelapa sawit dan pelayan kesehatan. Total keseluruhan peserta sebanyak 50 orang yang hadir secara offline dan online (via zoom).

"Tak lupa kami atas nama bidang PSLB3 menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang turut hadir dalam kegiatan ini dan seluruh element Dinas LH yang telah mendukung suksesnya kegiatan ini," ungkap Sumardi. (ans)

Leave a comment