Kegiatan Sosialisasi Bagi Pemilu Pemula: Edi Rusdi Kamtoro, Ajak Anak Muda Ikut Membangun Pemilu yang Cerdas dalam Memilih

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com- Tampak antusias puluhan pelajar siswa-siswi yang ada di SMA N 4 Pontianak, ikut serta dalam kegiatan sosialisasi dalam pemilihan pemilu pemula, pada Selasa (2/8/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh wakil gubenur Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono, Ketua KPU Pontianak Deni Nuliadi dan Kespangpol Kota Pontianak.

Dalam sambutanya, Edi Rusdi Kamtoro menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi yang dilakukan ini, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi anak muda, pentingnya menjadikan pemilu ini dalam memilih hak suara secara cerdas dan tepat.

Ia juga mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan sosialisasi kedua dalam kaum pemilih pemula, tentu dalam kegiatan ini dapat memberikan pemahanan yang lebih baik, dalam menyikapi tahun politik.

"Kegiatan sosialisasi ini juga merupakan bentuk dari upaya pemerintah dalam mengajak dan menyampaikan bahwa pemilu 2024 ini harus menjadi pesta demokrasi yang membangun dan positif," ungkapnya

"Sebagaimana diketahui bahwa pemilu ditahun 2019 berdasarkan survei menunjukan angka untuk para pemilih pemula masih sangat sedikit yaitu kurang dari 40 persen yang datang ke TPS," terangnya.

Dimana dalam momen kemerdekaan 17 Agustus ini, Edi Rusdi Kamtoro juga mengajak seluruh anak muda untuk memeriahkan pesta negara dengan hal positif, tetap menjaga semanggat dan lebih kreatif dan inovatif lagi.

Sementara menurut Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menyampaikan pentingnya sosialiasi untuk memberikan informasi terutama tentang tata cara bagaimana memberikan hak suara dan menjadi pemilu yang baik di tahun 2024 ini.

"Untuk pemilih pemula sudah mendata semua anak muda yang ada di kota Pontianak, yang sudah berumur 17 tahun hingga pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, kalo misalkan ada yang terlewatkan mungkin datanya tidak terlalu besar," terangnya.

Ia berharap untuk pemilu pemula ini, punya jiwa semanggat yang tinggi, dan dapat terlibat aktif dan berpartisipasi dipemilu 2024, tidak hanya memberikan hak suaranya tetapi dapat mempelajari visi dan misi dari pemilu ini.

"Dapat menjadi pemilih yang cerdas untuk menentukan orang-orang yang telah ditetapkan dalam pemilu nanti, sehingga hasil pemilu yang didapatkan nanti tentu akan berkualitas," pungkasnya. (Evi)***

Leave a comment