Ria Norsan Tegaskan Serius Calon Gubernur Kalbar, Ini Sosok Wakil yang Diinginkan

4 Mei 2024 18:08 WIB
Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar menerima berkas pendaftaran Ria Norsan sebagai Bakal Calon Gubernur Kalbar, Sabtu (4/5/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wakil Gubernur Kalbar periode 2018-2023, Ria Norsan memastikan, langkah politiknya maju sebagai Calon Gubernur Kalbar di Pilkada serentak 2024.

Ia menegaskan sangat serius maju sebagai calon gubernur, dan terus membangun komunikasi dengan berbagai partai politik untuk membentuk poros koalisi.

"Saya tidak abu-abu. Pasti. Ke mana-mana partai, saya mendaftar sebagai calon gubernur," tegas Ria Norsan, Sabtu (4/5/2024). 

Norsan, karib disapa sudah mendaftar sebagai bakal calon gubernur di Demokrat, Golkar, PDIP dan terakhir ke PAN. Hanya saja, sosok wakil belum ditetapkan, meski dia mengaku sudah ada tiga nama sedang dipertimbangkan. 

Tiga nama itu, disebutnya dari kalangan birokrat. Dijamin sangat berpengalaman di pemerintahan. 

"Ada tiga nama, cuman belum dapat kita sebutkan sekarang. Nanti kalau kita sebutkan, kelemahan kita diketahui lawan," ujarnya. 

"Yang jelas (calon wakil) harus dari Kalbar II (dari Kalbar bagian timur)," sambungnya. 

Norsan mengaku, tak mau buru-buru mengumumkan calon wakil dan rencana poros koalisi. Alasannya, dinamika politik masih sangat dinamis.

"Tapi, apabila nanti sudah nampak benang merah, benang putih, maka baru kita bisa menentukan sikap. Untuk sekarang, tidak bisa dibuka di sini," ucapnya. 

Untuk diketahui, sejauh ini, baru dua sosok Bakal Calon Gubernur Kalbar yang muncul mendaftar di partai politik. 

Mereka adalah, Jaksius Sinyor dan Mayjen TNI Purnawirawan Rony. Apakah dua nama itu masuk radar calon wakil Norsan? 

"Calon wakil yang tidak mendaftar ke Parpol pun bisa saja diambil, saat pendaftaran ke KPU," kata Norsan menjawab soal dua nama tersebut. 

Sebelumnya, Surarmidji gambalang menginginkan Norsan kembali mendampinginya di Pilgub Kalbar 2024. Namun, Norsan terus bermanuver ingin maju sendiri sebagai calon gubernur. Bukan wakil.

"Siapa berpasangan dengan siapa, kita lihat ketika nanti sudah mendaftar ke KPU," tegasnya. 

Sekretaris DPW PAN Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan, Norsan menyerahkan formulir pendaftaran sebagai bakal calon gubernur, pada hari ini, Sabtu (4/5/2024).

Sehingga, total calon kepala daerah untuk Pilgub Kalbar, yang mendaftar di partai yang dipimpin Zulkifli Hasan ini sebanyak empat orang. 

"Jumlah pendaftar ada enam. Empat Gubernur dan dua Wakil Gubernur. Itu di luar kader internal," kata Zulfydar.

Empat sosok pendaftar bakal calon gubernur di antaranya, Sutarmidji, Ria Norsan, Lasarus dan Muda Mahendrawan. Sedangkan dua sosok bakal calon wakil gubernur yaitu, Jaksius Sinyor dan Mayjen TNI Purnawirawan Rony. 

Selain itu, PAN juga mendorong Boyman Harun sebagai kader terbaik untuk maju calon Gubernur Kalbar, sebagaimana hasil Rakorwil PAN Kalbar.

Zulfydar mengatakan, Nama-nama calon kepala daerah yang sudah mendaftar itu akan diserahkan ke DPP untuk dipilih, siapa yang paling tepat diusung di Pilgub Kalbar nanti.

"Tentu sebelum pendaftaran KPU, keputusan atau rekomendasi sudah ada," pungkasnya.(Andi)***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment