Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari Hadiri Rakerda Kwarda

5 Mei 2024 08:53 WIB
Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari saat membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024 di Aula Daud Mountain Graha Pramuka Kalbar.

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalbar menggelar Rapat Kerja Daerah yang dihadiri seluruh jajaran pengurus di tingkat Mabida, Mabicab, dan Mabiran se-Kalbar.

Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Kalbar dalam rangka menyusun program kerja di tahun 2024.

Di usianya yang telah lebih dari satu abad ini, Pramuka telah memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan generasi muda. 

Sebagai sebuah gerakan pemberdayaan kaum muda, kepramukaan adalah tentang menciptakan dampak positif pada kehidupan kaum muda, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, anak anak muda (generasi milenial dan Z) pramuka, semakin mahir menguasai teknologi. 

Hal ini menjadi tantangan dan peluang untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi ke dalam kegiatan pramuka, meningkatkan efisiensi dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka. 

Hal terpenting, gerakan pramuka kedepannya diharapkan bisa menjadi perintis. 

Kepramukaan juga memainkan peran penting dalam mempromosikan pertukaran dan pemahaman budaya.

Pramuka memberikan kesempatan bagi kaum muda dari berbagai latar belakang dan budaya, untuk berkumpul dan belajar satu sama lain. 

"Dengan mempromosikan keragaman dan inklusi, kepramukaan menciptakan masyarakat yang lebih berempati," ungkap Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari saat membuka Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024 di Aula Daud Mountain Graha Pramuka Kalbar.

Dirinya menjelaskan, gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dengan pola gerakan pembentukan karakter untuk kemajuan dan kemandirian generasi muda Indonesia agar mampu menyesuaikan diri dengan dinamika pembangunan bangsa dan negara menuju bangsa dan negara yang maju, adil, dan Sejahtera.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan  Barat, Sekda Kalbar sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini.

"Diharapkan acara ini menghasilkan  manfaat  besar yang melahirkan kader-kader yang memiliki gagasan yang menginspirasi, kreatif, inovatif dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai, jati diri dan karakter kebangsaan," tutur Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari
 
Lanjut Bari, sebagai representasi sumber daya manusia, pramuka itu sendiri yang sejatinya menjadi jantung dari kepramukaan, dan memberikan peranan yang penting dalam mewujudkan visi untuk menciptakan generasi yang unggul.

Dengan demikian, anggota pramuka diharapkan menjadi peserta aktif dalam berbagai program kepramukaan, mengambil peran kepemimpinan, dan belajar bekerja sama dalam tim.  

"Harapannya, bagi generasi muda agar  belajar dan mengembangkan keterampilan hidup yang penting seperti komunikasi, pemecahan masalah, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan," urainya.

Pria yang menjabat sebagai bendahara Kwarda pada organisasi berlambang kelapa tersebut menekankan salah satu potensi generasi muda adalah Gerakan Pramuka. 

Sebagai organisasi, Gerakan Pramuka adalah wadah pendidikan kepanduan yang memiliki anggota terbesar di dunia. Gerakan pramuka telah eksis sejak dulu hingga sampai sekarang.

"Untuk itulah, penguatan peran seluruh komponen pramuka, termasuk pengurus, orang tua, sukarelawan, dan anggota pramuka itu sendiri, menjadi gagasan besar yang segera harus direalisasikan," kata Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari

Pj Sekda Kalbar Mohammad Bari mengajak kepada seluruh jajaran untuk perlu menyediakan sumber daya dan dukungan yang memadai bagi kelompok-kelompok pramuka, untuk memastikan bahwa mereka dapat menyelenggarakan kegiatan dan acara yang menarik dan bermakna bagi para pramuka.

Oleh karenanya dibutuhkan kerja sama, sesuai dengan bidang urusan kita masing-masing, untuk memastikan bahwa pramuka terus menjadi organisasi yang relevan dengan zamannya.

"Mari manfaatkan Rakerda ini, untuk sebesar-besarnya memperkuat gerakan kepramukaan kita. Dukung generasi muda untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, tentu dalam bingkai kemaslahatan sosial dan budaya yang melingkupinya," tuturnya.

Sebagai orang tertinggi di jajaran yang memangku jabatan di kepramukaan Kalbar, Syarif Muhammad Alkadri mengungkapan bahwa, sebagai amanat dari anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan Pramuka salah satu tanggung jawab yang harus dikerjakan ialah melaksanakan tugas sekaligus meningkatkan koordinasi antar jajaran kepengurusan gerakan Pramuka Kalbar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Andalan daerah mabicab yang telah sungguh-sungguh berpartisipasi dalam menyukseskan gerakan Pramuka di Kalimantan Barat," ujar Ketua Kwarda Kalbar tersebut.

Disisi lain, pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar didalam pelaksanaan program kerja tersebut. Disini, pemerintah daerah berperan dalam memfasilitasi berbagai kegiatan yang berasal dari program kerja sebagai bentuk dukungan. 

"Jadi itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari pemerintah daerah dan itu harus maksimal supaya gerakan Pramuka ini masif di seluruh Kalbar," ungkapnya.

Selain itu, dirinya meyakini bahwa  gerakan Pramuka mempunyai peran penting untuk terus menerus mengembangkan diri maupun sikap dalam rangka mengemban tugas yang mulia sebagai anggota gerakan Pramuka yang merupakan garda terdepan dalam mengobarkan semangat nasional.

"Gerakan pramuka tidak hanya menjadi barisan dalam menjaga karakter bangsa, akan tetapi gerakan Pramuka juga menjadi pilar utama dalam menentukan karakter arah bangsa," tutupnya.

Rakerda Gerakan Pramuka Kalbar Tahun 2024 ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja yang efektif dan efisien untuk memajukan gerakan kepramukaan di Kalimantan Barat. Acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dan konsolidasi bagi seluruh jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kalbar. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment