Pembentukan Posko Terpadu, Pemetaan Wilayah Rawan Kebakaran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Waka Polresta Kota Pontianak, AKBP Darma, dalam rangka kunjungan kerja Kepolisian Republik Indonesia, membangun posko terpadu, dalam penanganan Karhutla, khususnya di Kota Pontianak.

Pelaksanaan vicon monitoring, penanganan karhutla dilakukan di posko karhutla, Jl. Purnama 2 ujung,Kecamatan Pontianak, pada Sabtu(2/9/2023).

Ia menyampaikan, melalui kegiatan monitoring ini, Kapolri berkesempatan melakukan pengecekan langsung dari jajaran Kapolda khususnya Kalimantan Barat.

"Bapak kapolri dalam kunjungan kerja langsung memastikan dan mengecek, baik itu kendala, pelaksanaan, maupun kesiapan dari pada pimpinan daerah, dan bahkan aparatur yang bergerak juga bersama-sama melakukan penangulangan kebakaran hutan dan lahan," terangnya

Ini diungkapnya, penanganan karhutla di lahan memang dilakukan secara intens, yang melibatkan seluruh jajaran kapolda, untuk dilakukan maping wilayah-wilayah yang berpotensi kerawanan kebakaran.

"Langkah upaya yang dilakukan sudah sesuai dengan penegakan hukum, khusus diwilayah Kota Pontianak kurang lebih sekitar 1.500 hektar dari 11.000 hektar diwilayah Kota ini merupakan lahan gambut," ujar Darma

Diakuinya, kerawanan kebakaran yang muncul diwilayah gambut ini, apabila terjadi satu titik api tidak serta merta mudah dipadamkan.

Melihat beberapa kendala selain cuaca, kemudian area jangkauan yang sulit untuk ditempuh, tentunya menjadi upaya himbauan kepada masyarakat, untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Himbauan larangan membakar hutan, seperti pemasangan banner, dan juga mengigatkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat peladang," ungkap Darma

Ia memaparkan, apabila terjadi titik api yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja, dapat disampaikan melalui forum Kodim, kepada seluruh jajaran untuk dilakukan penangan di lapangan.

"kita melakukan upaya-upaya penanganan, dan itu dilakukan tidak sendiri, bersama-sama dengan TNI, kemudian Mangala Agni, dan masyarakat peduli api, jadi semuanya berkerja sama," tutupnya (Evi)***

Leave a comment