Fenomena Kulminasi Matahari, Menjadi Momentum Edukasi Para Pelajar dan Masyarakat Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Festival Kulminasi Matahari kembali digelar di Tugu Khatulistiwa Pontianak, pada Kamis (21/9/2023).

Fenomena kulminasi matahari ini menjadi momentum edukasi bagi sejumlah pelajar dan masyarakat Pontianak, yang berkunjung untuk menyaksikan fenomena alam satu ini.

Pengamatan kuliminasi matahari ini, dapat dilihat langsung dengan menggunakan alat teleskop vixen, yang berfungsi untuk mengamati benda langit.

Dalam rangka pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Universitas Tanjungpura bekerja sama dengan mitra Dinas Pariwisata Pontianak, dalam memeriahkan festival kulmimasi matahari ini.

"Adapun fungsi dari alat teleskop vixen ini, mengamati benda-benda langit seperti matahari, bulan dan bintang. Untuk kasus ini, mengamati matahari pada saat kulminasi," ujar Riza Adriat selaku Dosen Fisika Universitas Tanjungpura

Ia mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat, kemudian sebagai sumber informasi pengetahuan, yang mana kegiatan kulminasi ini dilaksanakan di Kota Pontianak dalam waktu 2 kali dalam satu tahun.

"Karena kulminasi ini memang melewati Kota Pontianak, jadi Kota Pontianak bisa dikatakan spesial karena mataharinya tepat berada di atas garis khatulistiwa atau nol," ujar Riza

Untuk kedepanya, Riza berharap kegiatan ini semakin dikenal dan semakin luas, tidak hanya di skala nasional bahkan internasional.

"Karena salah satu kota yang dilalui oleh garis lintang nol derajat, tempat membagi bumi utara dan selatan, yaitu Kota Pontianak ini," tuturnya (Evi)***

Leave a comment