Pj Bupati Kayong Utara Dorong Percepatan Sistem Digitalisasi dalam Peningkatan PAD

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya mendorong percepatan penerapan sistem digitalisasi di daerah, baik dari sisi realisasi penerimaan, maupun pengeluaran anggaran yang dikelola di masing-masing daerah penting untuk segera diterapkan di Kayong Utara.

Menurut Romi, sesuai arahan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, program digitalisasi daerah melalui Satgas P2DD harus secepatnya dilaksanakan.

Karena program ini telah mendorong kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 11,41 persen.

"Jadi, Satgas P2DD memiliki pengaruh yang signifikan dari tahun 2021 hingga 2022,” kata Romi, Selasa (3/10/2023).

Ia menegaskan, percepatan digitalisasi bukan hanya tugas P2DD semata. Semua pihak harus ambil bagian dan berkolaborasi.

“Apalagi di tahun 2024 mendatang, P2DD telah menargetkan 65 persen Pemda masuk dalam kategori melek digital," kata Romi, Selasa (3/10/2023).

Romi melanjutkan, sistem digitalisasi ini pada tujuannya untuk meningkatkan transparansi keuangan, serta mempermudah para kepala daerah atau stakeholder dalam pengambilan keputusan.

Menurutnya, pada dasarnya sistem digitalisasi ini pada tujuannya untuk meningkatkan transparansi keuangan, serta mempermudah para kepala daerah atau stakeholder dalam pengambilan keputusan,.

“Karena itu, saya mengimbau semua jajaran, secara bersama, berkolaborasi untuk melakukan langkah percepatan untuk menerapkan sistem digitalisasi di daerah,” ajaknya.

Apalagi dari Rakornas P2DD daerah kata Romi ditekan untuk melakukan percepatan penerapan sistem digitalisasi. 

“Sebagai motivasi percepatan, pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan juga menyiapkan reward bagi daerah tercepat, dalam bentuk tambahan insentif," ujarnya.

Kabupaten Kayongn Utara sendiri secara perlahan sudah menerapkan sistem digitalisasi dalam pelayanan.

Misalnya, transaksi non tunai dalam belanja daerah, pembuatan aplikasi pajak daerah, kerja sama QRIS dengan Bank Kalbar, kerja sama layanan paypos dengan PT POS dan host to host dengan Bank Kalbar.

"Semoga apa yang telah dilakukan ini dapat diikuti oleh para pihak yang ada di Kabupaten Kayong Utara," harapnya.

Dalam Rakornas P2DD, yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, turut memberikan penghargaan kepada Pj Gubernur Kalbar, atas capaian Provinsi Kalbar sebagai TP2DD terbaik wilayah Kalimantan, dan kepada Bupati Mempawah, atas capaian sebagai TP2DD terbaik II Wilayah Kalimantan Tahun 2023.***

Tags :

Leave a comment