Serapan Anggaran Dinas Cipta Karya Sanggau Baru Mencapai 16 Persen

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, Didit Richardi mengatakan, serapan anggaran pada Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau per September 2023 diketahui baru mencapai 16 persen.

"Serapan anggaran kami itu per September 2023 yakni 16 persen. Itu (serapan,red) karena banyak yang belum mengajukan uang muka," kata Didit pada Rabu (4/10/2023).

Menurutnya secara keseluruhan proyek yang terdapat pada dinasnya sebagian besar sudah berkontrak. Iya mengatakan, untuk menyiapkan uang muka masih banyak pihak pelaksana yang belum menyelesaikan administrasinya.

"Seperti, mereka harus ngurus jaminan, bayar BPJS ketenagakerjaan, nah itu mungkin yang menjadi kesulitan sehingga uang muka ini belum semuanya masuk," jelasnya.

Didit mengungkapkan pada dinas yang dipimpinnya terdapat lebih kurang 200 proyek.

Ditambahkannya, terbatasnya sumber daya manusia di dinas tersebut membuat pihaknya kewalahan. Apalagi dengan jumlah proyek yang cukup banyak tersebut.

"Proyek yang kami kelola lebih kurang 200 proyek. Dengan terbatasnya orang di kita (SDM dinas) kewalahan juga dengan jumlah proyek sebanyak itu. Bayangkan ada satu jabatan PPK itu membawahi 100 paket lebih. Mudah-mudahan nanti kalau bergabung di PUPR bisa tertangani dengan lebih baik," harapnya. (ans)

Leave a comment