HMI Sanggau Kembali Melaksanakan Latihan Kader 1

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sanggau Cabang Pontianak melaksanakan kegiatan Latihan Kader 1.

Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak empat belas orang peserta calon anggota HMI yang merupakan mahasiswa yang berasal dari kampus PSDKU Politeknik Negeri Pontianak Sanggau.

Kegiatan yang dipusatkan di Rumah Melayu Sanggau tersebut dijadwalkan selama tiga hari, dari tanggal 6 sampai 8 Oktober 2023.

Suryani, Ketua HMI Komisariat Sanggau mengatakan, kegiatan latihan kader 1 merupakan sebuah orientasi bagi peserta untuk mengenal HMI sebagai sebuah organisasi kemahasiswa dan kepemudaan.

Selain itu, sebagai satu syarat wajib bagi mahasiswa/i yang ingin menjadi anggota HMI di Sanggau.

"Dalam kegiatan ini, nanti para peserta LK 1 ini akan di kenalan lebih dalam terkait apa itu HMI sebagai sebuah organisasi mahasiswa. Mereka juga akan dilatih dan mendapatkan keilmuan dasar yang menjadi bekal untuk jadi seorang kader HMI," kata Suryani, saat diwawancarai setelah acara pembukaan.

Ia menambahkan, kehadiran HMI di Sanggau sejak tahun 2020 sampai saat ini sudah memasuki tahun ke-tiga.

Secara konsisten HMI Sanggau terus melakukan proses pengkaderan untuk mahasiswa/i yang berminat menjadi anggota tanpa di pungut biaya.

"Tujuan kita sejalan dengan konstitusi organisasi, yaitu terbinanya insan akademis, pencipta dan pengabdi yang bernafaskan islam demi terwujudnya indonesia adil makmur yang di ridhoi Allah Swt," ujarnya.

Ketua HMI Sanggau, menegaskan dalam pelaksanaan kegiatan Latihan Kader 1 ini bukan sekedar untuk merekrut anggota semata.

Namun, menawarkan salah satu opsi yang bisa dipilih oleh mahasiswa/i sebagai tempat belajar dan menambah keilmuan di luar ruang kuliah.

"Bukan semata untuk memperbanyak anggota. Namun, kita memberi opsi bagi mahasiswa yang berminat, tanpa paksaan untuk bisa belajar dan menambah wawasan dengan berproses di HMI," tegasnya

Selain itu, Ketua Umum HMI Cabang Pontianak, Nafi'i mengatakan, sangat bangga dengan kader dan pengurus HMI yang ada di Sanggau karena bisa terus komitmen menjalankan roda organisasi dan konsisten melakukan pengkaderan.

"Saya pribadi dan seluruh pengurus sangat bangga dengan kawan-kawan HMI yang ada di Sanggau, komitmen dan konsistensi ini harus terus dikuatkan," kata Nafi'i.

Lanjutnya, di tengah perkembangan teknologi dan digitalisasi yang semakin memangkas interaksi sosial secara lansung, HMI mampu tetap bertahan dan eksis sebagai sebuah organisasi pengkaderan.

Ini membuktikan bahwa, kader HMI mampu beradaptasi dan berjalan beriringan dengan dengan perubahan, serta mampu menjawab kebutuhan anggota sehingga tetap diminati sampai saat sekarang.

"Seluruh kader tentunya harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan digital yang pesat saat ini. Inovasi dan kreatifitas harus dikuatkan, sehingga mampu menjawab tantangan zaman. Hal itu lah yang terus kita kuatkan, sehingga HMI tetap diminati mahasiswa/i," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, terima kasih banyak atas dukungan Alumni HMI Sanggau yang terus mendukung kegiatan-kegiatan HMI selama ini. Serta, permohonan maaf karena belum bisa maksimal dalam mengawal HMI Komisariat Sanggau.

"Tentunya, kami mohon maaf sebagai pengurus cabang belum bisa secara maksimal mengawal proses teman-teman HMI Sanggau. Namun, berkat dorongan dari para Alumni yang ada di Sanggau jalannya HMI di Sanggau masih bisa lancar sampai saat ini," ungkapnya. (ans)

Leave a comment