Peringati Hari Rabies Sedunia, Pecinta Anjing Dan Kucing Berbondong Ikuti Vaksinasi Gratis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, memberikan pelayanan vaksinasi rabies gratis, kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari rabies sedunia, yang dilaksanakan bertempat, di halaman Fakultas Pertanian Untan, pada Sabtu (7/10/2023).

Vaksinasi terbuka untuk masyarakat umum, yang diikuti oleh puluhan warga khususnya pemilik kucing dan hewan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero mengatakan layanan vaksinasi gratis dilakukan guna untuk mencegah terjadinya penularan rabies hewan kepada manusia.

"Jadi vaksinasi rabies merupakan salah satu strategi, untuk penanggulangan rabies secara umum, kemudian edukasi ke masyarakat supaya dapat terlibat langsung untuk pencegahan rabies," Ujarnya.

Kasus rabies sangat berpengaruh karena kedisiplinan masyarakat. Sehingga rutin dilakukan pelayanan kesehatan hewan, mengigat kondisi geografis di kota relatif lebih terkendali dan mudah untuk diakses.

Menurutnya, ada empat hewan yang berpotensi menjadi penularan penyakit rabies, seperti anjing, kucing, kekelawar, dan monyet.

"Memang yang paling banyak kita populasi anjing dengan kucing, seperti kita lihat sekarang kan banyak yang daftar itu anjing dengan kucing, karena itu hewan domestik ya," terangnya.

Kemudian juga dinas yang menangani, menurutnya harus disiplin untuk mendata, dan memantau. sehingga ternak ternak yang berpotensi sebagai hewan penular rabies ini, dapat divaksinasi secara cepat.

"Namun di beberapa daerah, sulit dilakukan vaksinasi, karena jangkauan yang sangat sulit kemudian masyarakat juga belum begitu memahami tentang tata laksana ataupun tata cara pengendaliannya," jelasnya.

Melalui pemberian vaksin rabies gratis ini, ia berharap masyarakat terus berupaya mencegah penyebaran rabies, agar tidak terjadi kasus rabies yang berkelanjutan. (Evi)***

Leave a comment