Sekda Ketapang Groundbreaking Pembangunan Rusunawa Bintang Kejora Baru

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Pembangunan Rusunawa Bintang Kejora dimulai. Peletakan batu pertama atau groundbreaking dilakukan langsung oleh Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, Senin (9/10/2023).

Rusunawa Bintang Kejora sendiri berada di samping SMK Santo Petrus, Jalan Jenderal Sudirman, Ketapang.

Dulunya, Rusunawa tersebut merupakan asrama peninggalan belanda. Dibangun oleh suster-suster Ordo Santo Agustinus (OSA). Namanya Asrama BK. Kini, usianya sudah 60 tahun.

Karena itu, rusunawa ini dibangun ulang. Pembangunannya dibiayai pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencananya, bangunan Rusunawa Bintang Kejora ini akan dibangun 3 lantai. Membentuk huruf I. Lantai satu akan dibangun 12–20 kamar.

Tiap kamarnya nanti bisa dihuni oleh 4 orang. Total kapasitasnya bisa menampung sekitar 166 orang.

Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan, diawali dengan upacara pemberkatan.

Ritual itu dipimpin oleh RD Laurensius Sutadi, Vikjend Keuskupan Ketapang. Sekda Ketapang, Alexander Wilyo berharap pembangunan rusunawa ini berjalan lancar.

Betul-betul menjadi tempat untuk membangun karakter siswa seperti etika, kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, komitmen, tangguh, dan peduli terhadap orang lain.

Ke depan, Rusunawa Bintang Kejora juga dicangankan menjadi tempat untuk berlatih menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan yang sehat dan layak sebagai tempat tinggal bagi pelajar.

"Pembangunan asrama BK yang baru ini adalah salah satu upaya penyediaan wahana belajar yang merupakan salah satu komponen dari kegiatan belajar,” kata Alexander Wilyo.

“Pembangunan asrama BK yang baru ini juga merupakan salah satu upaya untuk penyediaan wahana bagi pengembangan pribadi dalam pengembangan iman, kedisiplinan, rasa sosial, tanggung jawab, kemandirian dan kepemimpinan,” lanjutnya.

Sr Felisitas OSA, pimpinan Yayasan Pelayanan Kasih Fatima mengatakan salah satu tujuan pembangunan asrama BK ini adalah untuk menampung anak-anak dari luar kota Ketapang, yang tidak memiliki tempat tinggal dan yang mau melanjutkan pendidikan ke SMP, SMA, SMK dan kuliah di kota Ketapang.

Acara pemberkatan dan peletakan batu pertama pembangunan Rusunawa Bintang Kejora ini diprakarsai oleh para suster Ordo Santo Agustinus (OSA), di bawah payung Yayasan Pelayanan Kasih Fatima.***

Leave a comment