Bupati Satono Minta Festival B2SA Digelar Berkelanjutan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com – Bupati Sambas Satono minta, kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA digelar berkelanjutan.

Artinya, event ini jangan hanya sekedar seremoni, untuk memperingati hari pangan sedunia. Tetapi, mesti lebih dari itu. Harus ada program lanjutannya.

Sebagaimana dikethai Festival B2SA ini dimotori oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan berkolabrorasi dengan PKK Kabupaten Sambas.

Kegiatannya digelar bertepatan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia 2023, Senin (16/10/2023). Bupati Satono pun memberikan apresiasi.

Baginya, Festival B2SA ini sangat berdampak positif. Karena, ada edukasi untuk masyarakat. Yaitu, bagaimana memanfaatkan potensi pangan yang ada supaya bisa menjadi asupan makanan yang bergizi dan seimbang.

Ia myakini, jika masyarakat bisa memanfaatkan pangan lokal menjadi makanan yang bergizi, maka tingkat kesehatan masyarkat bisa lebih baik.

"Karena itu, sebagai upaya percepatan penganekaragaman pangan menjadi sangat penting. Dalam rangka mendukung upaya tersebut salah satunya berupa Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA)," katanya.

Di sisi lain, Festival ini juga diyakini akan menumbukan minat dan bakat ibu-ibu maupun masyarakat lainnya untuk mengolah pangan lokal menjadi sumber pangan yang sehat aman dan bergizi.

"Saya minta acara seperti ini tidak hanya seremonial saja. Harus terus berlanjut untuk mengasah dan meningkatkan skill yang bernilai ekonomi dan bernilai pemanfaatan pangan lokal yang berkelanjutan," pungkasnya.***

Leave a comment