Wisuda Untan, Sutarmidji Ajak Alumni Kembali ke Daerah Membangun Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua Ikatan Alumni Universitas Tanjungpura atau Untan Pontianak, Sutarmidji mengajak para alumni berkontribusi membantu pemerintah membangun daerah.

Sebab, bagi Sutarmidji, sudah seharusnya lulusan Untan menyebar dan membuat gerakan perubahan untuk kemajuan Kalbar, lewat keahlian masing-masing.

"Kalau tak bisa bergerak di perkotaan, lebih baik ke desa. Kalau desa memiliki pemimpin yang baik, maka bisa membuat pembangunan desa lebih baik," kata Surarmidji dalam sambutannya di acara Wisuda Mahasiswa Untan, Kamis (26/10/2023).

Ia yakin, alumni-alumni Untan punya potensi dan keahlian yang mumpuni. Sebab sudah terbukti, beberapa orang berhasil menjadi pendamping dan membuat desa menjadi maju.

"Ada alumni pertanian di Sambas dan Semitau Kapuas Hulu, BUMDES itu maju. mereka tahu bagaimana mengelola sesuatu yang baik menjadi lebih berguna," katanya.

Karenanya, Gubernur Kalbar periode 2018-2023 itu ingin lebih banyak lagi alumni-alumni Untan yang mau membagi pengetahuannya, dalam melakukan pemberdayaan masyarakat lewat program kolaborasi.

Aapalagi, semasa ia menjadi Gubernur, sudah mencanangkan program desa mandiri. Bahkan, tercatat sudah ada 877 desa mandiri hingga saat ini.

Untuk percepatan program desa mandiri inipun perlu kerja sama semua pihak. Alumni Untan diharap bisa mengambil kesempatan ini, sebagai bagian dari upaya membantu pemerintah memajukan daerah.

Ia pun mengingatkan, sebagai intelektual muda, memang sudah seharusnya bisa membawa perubahan masa depan yang lebih baik.

"Buatlah semua orang tersenyum dengan capaian Anda. Kembalilah ke daerah untuk membangun daerah," pesannya.

Dan yang paling penting, Sutarmidji menekankan agar para alumni Untan selalu menjaga nama baik almamater. Caranya, harus berdaya saing dan memiliki integritas dalam berkarier.

"Saya tak henti-hentinya berbicara kepada almamater untuk terus menjaga Marwah Untan. Jangan malu untuk mengedepankan identitas sebagai alumni Untan," ucapnya.

SDM Kunci Kemajuan Bangsa

Rektor Untan, Prof Dr Garuda Wiko menyebutkan, sampai saat ini tercatat alumni Untan mencapai 106.804 orang sejak berdiri.

Ia pun memastikan, Untan sangat berkomitmen membangun Sumber Daya Manusia atau SDM unggul lewat program-program perkuliahan.

Sebab, SDM menjadi kunci kemajuan suatu bangsa. Sebagai lembaga akademik, Universitas bertanggung jawab mencetak SDM berkualitas, untuk menyiapkan regenerasi emas di masa depan.

"Kalau SDM tidak optimal, maka tidak akan bisa meningkatan kemakmuran di Kalbar," kata Garuda Wiko.

Garuda Wiko juga memastikan, Untan terus bertransformasi menjadi kampus yang meoderen menyesuaikan perubahan sama era digital.

"Untan saat ini menguatkan digital dengan menerbitkan Meta. Kolaborasi terus dilakukan Untan dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan SDM," katanya.***

Leave a comment