Pengamat Sebut Sekda Kota Pontianak Paling Layak Diusulkan Jadi Pj Wali Kota

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pengamat Kebijakan Publik, Herman Hofi Munawar menilai, sosok Sekda Kota Pontianak, Mulyadi merupakan tokoh paling layak diusulkan DPRD dan Pemprov menjadi Pj Wali Kota Pontianak.

Sebab, Sekda Kota Pontianak dianggap sosok yang berpengalaman dan paham betul bagaimana tata kelola pemerintahan.

"Yang paling layak jadi Pj Wali Kota Pontianak menurut saya adalah Sekda Kota Pontianak," ucap Herman Hofi Munawar, Kamis (26/10/2023).

Menurut Herman, secara administrasi, hanya Sekda Mulyadi yang memenuhi syarat administratif. Dia satu-satunya pejabat eselon II di Pemkot Pontianak.

Dari segi pengalaman, Mulyadi pun diyakini matang dan memahami persoalan. Apalagi, lima tahun mendampingi Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono membangun Kota Pontianak sebagai Sekda.

"Tentu beliau sudah sangat paham. Yang tak kalah penting Sekda Kota Pontianak sudah memahami kultur birokrasi di Pontianak, sehingga tidak membutuhkan waktu untuk penyesuaian lagi. Jika dari luar, tentu harus ada penyesuaian lagi," imbuhnya.

Sementara itu, prihal Sekda Pontianak yang akan purna tugas, menurut Herman, Sekda dan Pj Wali Kota Pontianak merupakan dua hal yang berbeda. Yang penting saat diusulkan yang bersangkutan ASN.

"Ketika beliau menjadi penjabat Wali Kota maka dengan sendirinya Sekda harus diganti dengan Penjabat Sekda. Jadi tidak masalah menjadi penjabat Wali Kota tidak mesti harus aktif," ucapnya.***

Leave a comment