Rektorat Untan, Garuda Wiko: Hari Pantun Nasional Perlu Ditetapkan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak, Garuda Wiko sangat mengapresiasi Asosiasi Tradisi Lisan (ATL), dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya, khususnya pantun.

Melalui seminar pantun nasional, Garuda Wiko mengatakan, perlunya dilakukan penetapan Hari Pantun Nasional. Sebagai upaya dalam menyampaikan pesan nilai-nilai budaya yang ada.

“Bahwa penetapannya, adalah usulan yang perlu dipertimbangkan oleh para pengurus, yang terpenting memang perlu untuk menetapkan Hari Pantun Nasional,” ungkapya, saat menghadiri kegiatan Seminar Nasional Pantun, di Gedung Rektorat Untan, pada Senin(30/10/2023).

Ia mengatakan, selain sebagai penyampaian pesan pantun merupakan salah satu tradisi yang secara turun-temurun sudah dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di Kalimantan Barat.

“Pesan yang disampaikan sangat efektif, karena dapat menimbulkan kesan yang baik saat disampaikan melaui sebuah pantun, dan memang sudah menjadi tradisi,” jelasnya.

Disamping itu, ia menyampaikan pentingnya peran generasi anak muda untuk menjaga tradisi budaya melalui pantun, agar terus diingat dan dikembangkan.

Garuda pun berharap, dengan adanya penetapan Hari Pantun Nasional dapat mengigatkan pentingnya pantun sebagai bagian budaya Indonesia, yang harus terus di lestarikan.

“Karena memang harus ada yang meneruskan. Dengan adanya Hari Pantun Nasional ini menjadi moment yang spesial untuk terus mengigatnya,” ucapnya. (Evi)***

Leave a comment