Dinilai Mampu Bawa Indonesia Lebih Baik, Front Kebangsaan Kalbar Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Front Kebangsaan Kalimantan Barat, yang terdiri dari 31 ormas dan tokoh masyarakat menyatakan dukungan penuh kepada pasangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pemilu 2024.

Deklarasi ini dipimpin langsung Ketua Dewan Pembina Front Kebangsaan, yang juga Sekretaris Majelis Adat Dayak Nasional atau MADN, Yakobus Kumis, Selasa (31/10/2023) malam.

Acara deklarasi dukungan pasangan Ganjar-Mahfud ini berlangsung di hotel Gajahmada dan disaksikan langsung Ketua Tim Pemenangan Daerah, pasangan Ganjar-Mahfud, Lasarus. Selain itu, juga dihadiri Ganjar Pranowo via zoom dan perwakilan ormas.

Ketua Dewan Pembina Front Kebangsaan, Yakobus Kumis mengatakan, dukungan Front Kebangsaan kepada pasangan Ganjar-Mahfud telah melalui proses pengamatan panjang.

Ormas lintas suku dan agama di Kalbar meyakini, Indonesia akan menjadi negara maju di tangan pemimpin yang tepat. Mereka adalah Ganjar-Mahfud.

Front Kebangsaan Kalimantan Barat mengkalaim terdiri dari 31 ormas lintas suku dan agama di Kalbar ini menilai, Indonesia adalah sebuah negara besar, dan mesti dipimpin tokoh yang punya pengalaman matang. Tak bisa negari ini dipimpin oleh orang yang belum perpengalaman. Sebab, tantangan yang dihadapi besar.

"Tak bisa diuji coba. Indonesia harus dipimpin tokoh yang berpengalaman," terangnya.

Sebagai negara besar, Indonesia memiliki keberagamaan baik dari adat istiadat, suku, ras dan agama. Tantangannya pun banyak.

Karena itu, pemimpin Indonesia harus mempersatukan dan menjaga kerukun antar-anak bangsa. Agar tercipta keamanan dan kedamaian Indonesia dalam bingkai NKRI, Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

"Pemimpin Indonesia harus punya komitmen mempersatukan, anti terhadap intoleran dan paham radikalisme, ujaran kebencian dan memecah belah persatuan," katanya.

Di samping itu, Indonesia juga memerlukan pemimpin yang tepat mengelola kekayaan alam untuk kemakmuran rakyat. Sebab, potensi yang dimiliki Indonesia menjadi incaran negara di seluruh dunia.

Apalagi dengan tantangan krisis global, prubahan iklim, krisis ekonomi hingga pangan. Termasuk dari sisi penegak hukum, Indonesia yang saat ini dirasa belum berkeadilan.

"Sehingga perlu perubahan untuk percepatan pembangunan. Dan setelah melihat rekam jejak tiga Capres-Cawapres, ormas lintas etnis dan agama di Kalbar menyatakan mendukung dan siap memenangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai Presiden dan Wakil Presiden," kata Yakobus Kumis

Yakobus Kumis menilai Ganjar-Mahfud mampu memimpin Indonesia menjadi negara maju, dalam segala aspek. Sebab, keduanya punya track record yang baik dan punya prestasi gemilang.

"Ganjar pernah memimpin legislatif, dan menjadi Gubernur. Sementara Pak Mahfud MD pernah jadi anggota DPR RI, Ketua Mahkamah Konstitusi dan Menteri. Keduanya punya prestasi gemilang," tuturnya.

Ketua Tim Pemenangan Daerah, Ganjar-Mahfud, Lasarus mengucapkan terima kasih atas dukungan ormas dan tokoh masyarakat lintas suku dan agama kepada pasangan Ganjar-Mahfud.

"Ini deklarasi kebangsaan kita, kumpul lintas etnis bersama-sama mendukung Ganjar-Mahfud agar bisa terpilih menjadi presiden dan Wakil Presiden," kata Lasarus.

Ia menyebut, bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Karenanya, harus mendapatkan pemimpin yang tepat dengan rekam jejak yang baik. Tak bisa Indonesia diserahkan kepada orang yang hanya bernafsu berkuasa.

" Tapi harus cakap yang bisa memimpin Indonesia menjadi negara besar," ujarnya.

Karena itu, dari tiga Capres yang ada, Ganjar-Mahfud dianggap yang paling layak memimpin bangsa ke depan. Sebab, sudah berpengalaman di segala bidang dan punya track record bersih.

Lasarus pun optimis Ganjar-Mahfud menang. Ia mematok kemenangan 60 persen di Kalbar. (andi)***

Leave a comment