Musim Hujan Tiba, Ketua DPRD Kayong Utara Minta BPBD Siaga Penanggulangan Banjir

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Ketua DPRD Kayong Utara, Sarnawi meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, siaga bencana banjir mengingat musim penghujan telah tiba.

Ia mengingatkan, langkah-langkah mitigasi penanggulangan banjir sudah harus disipakan sejak dini. Sehingga, penanganan warga terdampak banjir bisa cepat dilakukan.

"Kita lihat beberapa hari terakhir curah hujan cukup sering di Kayong Utara. Karena itu, kita imbau masyarakat juga waspada, karena memang ada beberapa daerah sangat rawan banjir," pesan Sarnawi, Kamis (2/11/2023).

Apalagi lanjut Sarnawi, pasang laut cukup tinggi. Kondisi alam ini sudah menjadi fenomena yang biasa di penghujung tahun. Karena itu, ancaman banjir harus diantisipasi bersama.

Dinas PUPR Kayong Utara diminta rutin melakukan pemeliharaan saluran parit yang ada, karena dampak pendangkalan menyebabkan arus keluar air semakin lambat.

"Kita juga mengimbau kegiatan gotong royong di tingkat RT, Dusun maupun Desa untuk membersihkan saluran parit. Supaya, genangan air cepat turun ke laut," pesannya.

Di samping itu, BPBD Kabupaten Kayong Utara harus selalu siap siaga dalam penanganan segala musibah yang dapat terjadi kapanpun.

"Peran BPBD sangat penting. Pencegahan lebih penting," tutupnya.***

Leave a comment