Program MBKM Mandiri, Mengenal Dunia Kerja Sesuai Dengan Keahlian

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam meningkatkan mutu dan kualiatas, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), terus mendorong eksitensinya terutama pada generasi muda.

Melalui MBKM Mandiri, pelajar dapat menumbuh kembangkan keahlian dan minat, saling mengenal dan belajar satu sama lain.

Hal ini disampaikan oleh Agus Syahrani, Ketua Program MBKM Mandiri FKIP Untan, pemenuhan standar program pembelajaran yang jelas, merupakan bagian penting suatu MBKM dapat berkualitas.

“Maka diperlukan arahan maupun kesiapan yang jelas, untuk perusahaan membuat MBKM Mandiri, setelah bergantinya kepemimpinan,” jelasnya, pada Selasa (31/10/202).

Oleh sebab itu, maka diperlukan standar mutu mulai dari persiapan hingga proses evaluasi. Sehingga merdekanya mahasiswa tersebut, terekomendasi secara terjamin.

“MBKM yang diajarkan oleh kementrian itu akan hilang dan berhenti, tapi MBKM Mandiri akan tumbuh sebagai sebuah kebutuhan PT (Perusahaan), sebagai tranformasi untuk memerdekakan mahasiswanya,”ungkap Agus.

Menurutnya, dengan adanya MBKM akan mampu mengembangkan potensi yang ada untuk melihat lebih dekat dunia kerja yang ada di luar sana.

Sehingga model yang ada pada panduan buku kampus merdeka, akan diterapkan dalam proses mengajar sebagai sebuah program MBKM Mandiri.

Ia mengemukakan, persiapan MBKM yang sebelumnya tidak sesuai, nantinya secara bersama dengan seluruh stakeholder yang ada, akan mempersiakannya, untuk digunakan dalam waktu lima tahun kedepan.

“Memang sebelumnya telah ada, akan tetapi untuk hari ini adalah mempersiapkan buku panduan yang menjadi ciri MBKM Mandiri itu sendiri,” pungkasnya. (Evi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment