Pemprov Kalbar Diharap Tuntaskan Pembangunan Jalan di Kayong Utara di 2024

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Ketua Lembaga Pengawal Pelaksana Pembangunan Kabupaten Kayong Utara (LP3KKU), Abdul Rani berharap Pemprov Kalbar bisa menuntaskan pembangunan Jalan di Kayong Utara.

Pasalnya, masih ada beberapa titik jalan pemrov di Kayong Utara yang mengalami kerusakan dan belum tersentuh pembangunan.

Misalnya jalan di Dusun Mentubang, Desa Harapan Mulia sepanjang 200 meter. Statusnya jalan ini milik Pemprov Kalbar. Kondisinya sekarang masih rusak parah.

Selain itu, Abdul Rani juga mendorong Pemprov Kalbar segera membuat regulasi mengantur tonase kendaraan yang boleh melintas di jalan yang sudah diperbaiki.

Karena menurutnya, penyumbang kerusakan jalan salah satunya akibat kendaaran yang melintas melebih kapasitas kemampuan badan jalan.

"Banyak kendaraan melitas melebihi tonase muatan sementara kekuatan jalan tidak sesuai sehingga membuat jalan cepat rusak," tuturnya.

Ia berharap pihak PUPR Provinsi Kalbar dapat menindaklanjuti aspirasi ini. Sebab, kunci kemajuan suatu daerah tergantung infrastruktur jalannya.

"Kita berharap kepada pihak PUPR Provinsi bisa memperbaiki jalan yang masih rusak, apakah dengan menggunakan dana tanggap darurat ataupun dana pemeliharaan," harapnya.

Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya mengatakan, saat ini pekerjaan jalan yang berstatus jalan provinsi di Kabupaten Kayong Utara masih berproses.

Ia berharap beberapa ruas jalan yang belum terjamah, bisa dipriotaskan mendapat pembangunan di tahun 2024.

"Kita berharap di tahun 2024 ini tuntas. Ini masalah kewenangan, kita tidak bisa sembarangan intervensi, karena ini (jalan) kewenangan provinsi. Yang jelas kita akan meminta Dinas PU kita untuk lakukan koordinasi ke PU provinsi," kata Romi.***

Leave a comment