Sekda Ketapang Dukung Penguatan Harmoni Sosial sebagai Strategi Percepatan Pembangunan Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com – Sekda Ketapang, Alexander Wilyo mendukung penguatan harmoni sosial sebagai salah satu strategi melakukan percepatan pembangunan di Kalbar.

Sebab, kolaborasi menjadi kunci kemajuan daerah. Menurut Alexander, harmoni sosial dapat mendorong percepatan pembangunan di Kalimantan Barat yang memiliki keberagaman etnis, agama dan budaya.

"Kolaborasi pemberdayaan yang efektif memperkuat harmoni sosial akan menjadi model pemberdayaan dalam rangka transformasi sosial, termasuk transformasi sosial di IKN Nusantara,” ucapnya di forum Focus Grup Discussion atau FGD dan Sosialisasi Penguatan Harmoni Sosial di aula Kantor Gubernur Kalbar.

Ia pun mendorong, kolaborasi pemberdayaan sosial masyarakat, melibatkan partisipasi inklusif dari seluruh stakeholders, untuk mengurangi kesenjangan.

“Sehingga tercipta kesetaraan, keadilan, keamanan dan ketentraman yang merupakan aspek penting harmoni sosial,” katanya.

Ia pun menyebut, harmoni sosial adalah faktor yang sangat penting dalam pembangunan, karena dapat mendorong kerja sama, menjaga kedamaian, meningkatkan kualitas hidup, mengatasi ketidaksetaraan, mendorong investasi dan pembangunan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan sosial.

"Namun tentu ini memiliki tantangan, karena harmoni sosial sebagai proses yang tidak mudah diwujudkan karena perbedaan dan kesenjangan yang dapat menjurus pada konflik sosial," ucapnya.

Adapun FGD ini diselenggarakan oleh peserta PKN Tingkat 1 Lembaga Administrasi Negara RI angkatan 58. Alexander Wilyo mengaprisasi furom ini. Sebab menjadi wadah diskusi merumuskan strategi percepatan pembangun Kalbar.***

Leave a comment