Delapan Fraksi yang ada di DPRD Sanggau, Dua dari Gabungan Partai

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, Insidepontianak.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau berasal dari berbagai partai politk yang ikut Pemilu. Kemudian, mereka membentuk fraksi sesuai partainya.

Fraksi yang sesuai dengan partai politik bisanya disebut fraksi utuh. Namun, ketika ada jumlah kursi tak sesuai, maka dibentuklah fraksi gabungan di DPRD Sanggau.

Nah, di DPRD Sanggau untuk periode 2019-2024 terdapat delapan fraksi. Enam fraksi utuh, yang berarti sesuai nama partai dan dua lagi fraksi gabungan partai.

Sebagai syarat membangun fraksi di DPRD Sanggau adalah empat kursi. Artinya, jika suatu partai meraih 4 kursi maka layak menjadi satu fraksi.

Sementara, jika ada partai yang mendapat kursi kurang dari 4 kursi, maka harus bergabung dengan partai lainnya. Misalnya partai A mendapat 3 kursi, maka dia bergabung dengan partai lainnya yang meraih 1 kursi saja.

Nah, melansir dprd.sanggau.go.id, Jumat (8/12/2023), fraksi yang ada di DPRD Sanggau adalah:

  1. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
    Fraksi ini jelas beranggota anggota dewan dari PDIP. Partai ini adalah penyumbang suara terbanyak di Kabupaten Sanggau pada periode 2019-2024.

Tercatat ada tujuh kursi yang diraih. Dan, nama anggota fraksi ini adalah Edi Emilianus, Yeremias Marsilinus, Toni, Rosni, Jumadi, Hendrikus Hengki, dan Julius.

  1. Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar)
    Golkar adalah partai kedua pengumpul suara terbanyak di Kabupaten Sanggau periode 2019-2024. Partai ini meraih enam kursi di DPRD Sanggau.

Enam anggota fraksi ini adalah Arkadius Mungpin, Epifania Ratih Kumala Dewi, Miliati, Sahdan, Hendrykus Bambang, dan Timotius Yance.

  1. Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
    Peringkat tiga partai yang mengumpulkan suara terbanyak periode 2019-2024 di Kabupaten Sanggau adalah Hanura. Persis PDIP dan Golkar, partai ini juga berhak membangun fraksi.

Tercatat Hanura meraih lima kursi. Mereka adalah Yulianto, Fransisku Kicun, Sabinus Kimsuan, Sarinu Sumadi, dan Acam.

  1. Fraksi Partai Demokrat
    Persis Hanura, Partai Demokrat juga menjadi peringkat tiga partai yang mengumpulkan suara terbanyak periode 2019-2024 di Kabupaten Sanggau.

Lima anggota Fraksi Demokrat adalah Supari, Supratman, Paulus, Leonardo AH Silalahi, dan Yulius Tehau.

  1. Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem)
    Partai berikutnya yang berhasil membangun fraksi utuh adalah Nasdem. Partai ini meraih empat kursi.

Anggota Fraksi Nasdem di DPRD Sanggau adalah Andreas Sisen, Bambang Joko Winayu, YuvenalisKrismono, dan Yonatan Mulyadi A.

  1. Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
    Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sama dengan Fraksi Nasdem, yakni memiliki batas minimum yakni empat kursi.

Anggota Fraksi PKB di DPRD Sanggau adalah Supriyadi, Supriadi, Gabriel Suwandi, dan Alfonu Liguori.

  1. Fraksi Amanat Persatuan
    Fraksi ini adalah gabungan partai, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Persatuan Indonesia (Perindro), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Terdapat lima kursi di fraksi ini, mereka adalah Heri Wijaya (Perindo), Taufik Hidayatullah (PAN), Susana Harpen (PKPI), Samiun (PPP), dan Joni (Perindo).

  1. Fraksi Gerakan Solidaritas
    Persis fraksi sebelumnya, Fraksi ini adalah gabungan partai Namun, hanya terdiri dari dua partai yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Terdapat empat kuri di fraksi ini mereka adalah Agustini Ramadhani (Gerindra), Dewi Merlina (PSI), Robby Sugianto (Gerindra), dan Yulia Montu (Gerindra).

Demikian soal fraksi di DPRD Sanggau beserta nama anggotanya. Semoga bermanfaat. (REDAKSI)

Leave a comment