Masa Kampanye Tiba, Ketua DPRD Sanggau Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Masa kampanye Pemilihan umum atau Pemilu 2024 sudah dimulai. Situasi ini berpotensi menaikkan suhu dinamika politik.

Seiring dengan momentum ini, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi mengajak seluruh masyarakat tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

Ia pun menyerukan, agar masyarakat semakin dewasa dalam menyikapi situasi pesta demokrasi. Jangan sampai, perbedaan pilihan politik memecah belah persatuan.

“Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau saling menjaga kondusifitas,” pesannya.

Di musim masa kampanye ini, masyarakat juga diingatkan agar bijak bermedia sosial. Pasalnya, informasi hoaks yang bersifat ujaran kebencian berpotensi meninggkat di tahun politik.

“Maka, masyarakat jangan mudah terpancing isu yang bernada hoaks. Intinya, jaga bersama situasi kemanan ini,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalbar, Reinardo Sinaga juga mengimbau masyarakat mewaspadai informasi hoaks di media sosial, seiring dengan dimulainya masa kampanye.

Adapun tips yang dapat dilakukan masyarakat agar tak mudah termakan hoaks yuaitu dengan ceara cek alamat media, cek detail visual media, berhati-hati terhadap iklan dan waspada jika suatu media terlalu banyak menanyangkan iklan.

Selanjutnya, cek kreidbilitas media, waspada dengan judul-judul sensasional, membandingkan ciri-ciri pakem media mainstream, dan cek berita ke situs mainstream.***

Leave a comment