Comweek Awards Penutup Manis Rangkaian Communication Week 2023 Fisip Untan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Communication Week 2023 kembali hadir dengan rangkaian acara terakhir, yakni Commweek Awards.

Communication Week merupakan serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru Ilmu Komunikasi Fisip Untan.

Rangkaian acara Communication Week 2023 sendiri telah dimulai sejak bulan September lalu dan puncaknya pada Minggu, 10 Desember 2023.

Bertemakan acara awards, Commweek Awards ini dilaksanakan di Ballroom Khatulistiwa Hotel Transera Pontianak.

Acara dihadiri oleh para dosen Ilmu Komunikasi, tamu undangan dari perwakilan Himpunan Mahasiswa serta Unit Kegiatan Mahasiswa di FISIP Untan, dan mahasiswa/i serta alumni Ilmu Komunikasi FISIP Untan.

Acara pembukaan dimulai pada pukul 08.30 WIB. Diawali dengan laporan dari Ketua Panitia Communication Week 2023 FISIP Untan. Pertunjukan seni tari membuat suasana lebih meriah.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penampilan dari finalis 5 besar Lomba Pemaparan Ide. Ke-5 finalis ini merupakan peserta dari lomba pemaparan ide, yang sebelumnya telah mengikuti tahap penjurian (Commweek's Got Talent), dan kemudian kembali tampil dalam acara puncak Communication Week 2023 untuk memperebutkan gelar juara.

Membawakan 5 tema yang berbeda, para finalis tampil dengan begitu memukau. Tema-tema yang dibawakan antara lain yaitu mengenai kegagalan percintaan, self sabotage, kesulitan bersosialisasi, insecure, dan juga overthinking yang tentunya relate dengan kehidupan para mahasiswa.

Talkshow yang menarik dengan tema "How to Communicate Your Self during Quarter Life Crisis" pun disajikan dalam Commweek Awards ini.

Dengan narasumber seorang Psikiater yang ahli dalam bidangnya, yaitu Jojor Putrini, talkshow ini mampu memberikan pemahaman mendalam kepada para peserta terkait cara berkomunikasi dengan diri mereka saat menghadapi quarter life crisis.

Setelah itu, ada sesi kesan dan pesan. Di mana para peserta, yaitu mahasiswa baru angkatan 2023 menuliskan kesan dan pesannya selama mengikuti rangkaian acara Counication Week 2023 di secarik kertas, dimasukkan ke dalam amplop lalu dikumpulkan kepada panitia.

Kemudian, MC mengambil secara acak dan meminta peserta untuk membacakannya di atas panggung.

"Respon dari berbagai pihak, baik itu dari dosen, mahasiswa baru bahkan senior dan alumni sangat positif. Mereka melihat Commweek Awards sebagai sebuah hari puncak Communication Week yang meriah dan sukses,” kata Mutia, selaku Ketua Panitia Communication Week 2023.

“Tanggapan yang hangat ini memberikan dorongan besar bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik dalam menyelenggarakan acara ini," lanjutnya.

Saat yang paling ditunggu-tunggu pun tiba. Yaitu pengumuman pemenang dari setiap perlombaan dalam Communication Week 2023.

Namun sebelum itu, diumumkan pula para peserta yang mengikuti rangkaian Communication Week 2023 ini dengan full dan tidak pernah absen dalam setiap rangkaian.

Pengumuman pemenang lomba dimulai dari Lomba Fotografi, dilanjutkan Desain Poster, Videografi dan yang terakhir adalah pengumuman pemenang Lomba Pemaparan Ide.

Respon dari berbagai pihak, baik itu dari Dosen, Mahasiswa baru bahkan Senior dan Alumni sangat positif.

Mereka melihat Commweek Awards sebagai sebuah hari puncak Communication Week yang meriah dan sukses.

Tanggapan yang hangat ini memberikan dorongan besar bagi kami untuk terus memberikan yang terbaik dalam menyelenggarakan acara ini. Penampilan dari angkatan Ilmu Komunikasi juga turut mewarnai acara ini.

Selain itu, yang tak kalah menarik, Commweek Awards ini menghadirkan guest star yaitu Las! Dan Radio Pak Macanyang siap menghibur para peserta dengan lagu-lagu kekinian serta berhasil membuat para peserta bernyanyi bersama. Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan bersalam-salaman antara mahasiswa baru angkatan 2023 dengan seluruh angkatan Ilmu Komunikasi yang hadir sekaligus sebagai simbolik bahwa mereka telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Ilmu Komunikasi Fisip Untan.***

Leave a comment