Jaga Pasokan Listrik Jelang Nataru, PLN Kalbar Siagakan 1.250 Petugas Layanan Teknik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com – PLN Kalbar menyiagakan 1.250 personel layanan teknik untuk bertugas menjaga pasokan listrik jelang perayaan natal dan tahun baru atau Nataru menyambut 2024.

PLN Kalbar pun telah melakukan gelar pasukan dan peralatan untuk kesiapan memastikan keandalan listrik selama perayaan Nataru. Gelar pasukan itu digelar pada Rabu (13/12/2023)

"Kami siap menghadirkan listrik yang andal dan aman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama perayaan natal dan menyambut tahun baru 2024 mendatang," ujar Senior Manager PLN UID Kalbar, Sumarsono.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan identifikasi pada titik-titik yang perlu dijaga pasokan listriknya.

"Khususnya gereja-gereja besar yang ada di Kalimantan Barat," ujar Sumarsono.

Dia menyampaikan, saat ini PLN Kalbar memiliki pasokan daya listrik sebesar 633 Mega Watt (MW), sementara estimasi beban puncak atau daya listrik yang terpakai sebesar 414 MW.

Dengan estimasi itu, Sumarsono memastikan, ketersediaan listrik sangat mencukupi untuk menyemarakkan perayaan natal dan tahun baru menyambut 2024.

"Dengan cadangan listrik daya mampu sebesar  219 MW, dan sistem kelistrikan yang kondusif, kami siap melayani kebutuhan listrik saudara-saudara kita yang akan menjalankan aktivitas ibadah selama natal," tegasnya.

Sumarsono berpesan kepada masyarakat untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik PLN karena dapat berpotensi menyebabkan listrik padam dan rusaknya instalasi listrik lainnya.

Jika terjadi gangguan listrik, maka proses perbaikan dan pemulihannya membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Dia juga menyampaikan, terkait layanan gangguan dan keluhan, pelanggan dapat menghubungi petugas PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi contact center PLN di 123.***

Leave a comment