Bupati Satono Bangga Petani Milenial Dusun Binawarsa Sukses Budidayakan Semangka

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono launching pencanangan kampung buah semangka di Dusun Binawarsa, Desa Sagu, Kecamatan Galing, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan itu turut dirangkai dengan panen raya buah semangka, yang dibudidayakan petani milenial di dusun ini.

Bupati Satono turut bangga atas keberhasilan petani milenial Dusun Binawarsa membudidayakan buah semangka, yang tumbuh subur.

"Alhamdulillah saya berbahagia sekali pada sore ini kita berada di Kebun Semangka Petani Milenial Kabupaten Sambas. Kita panen buah semangka yang beratnya satu buah bisa mencapai lima hingga enam kilogram," ucap Bupati Satono.

Kebun semangka petani milenial ini bisa panen tiga kali dalam setahun. Yang tak kalah hebat, petani milenial ini sudah memiliki tempat pemasarannya, sehingga hasil panen bisa terjual dengan harga yang cukup baik.

"Sektor hilirnya sudah ada yang menampung, itu yang terpenting," ujar Bupati Satono.

"Satu hektar itu bisa mencapai keuntungan sekitar 70 persen dari modal yang dikeluarkan sebanyak 30 persen. Tentu ini adalah potensi yang harus ditingkatkan," pesannya.

Ia pun mengapersiasi petani-petani muda yang tangguh-tangguh ini. Diharapkan, bisa menjadi contoh, gerakan bertani ini bisa dicontoh oleh generasi-generasi muda lainnya di Kabupaten Sambas.

"Anak muda kita tidak perlu lagi bekerja ke Malaysia menjadi Kuli, cukup di sini dan menjadi bos semangka membuka lapangan pekerjaan,” pesannya.***

Leave a comment