Debat Cawapres Tema Ekonomi, Pengamat: Rakyat Perlu Harga Pangan Murah dan Lapangan Kerja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Komisi Pemilihan Umum atau KPU bakal menggelar debat perdana untuk Calon Wakil Presiden, pada Jumat (22/12/2023) besok.

Dalam debat nanti, tiga Cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka akan beradu gagasan di hadapan masyarakat Indonesia.

Adapun tema debat yaitu, ekonomi, kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, serta infrastruktur dan perkotaan.

Pengamat Politik Universitas Tanjungpura, Syarif Usmulyadi menilai, debat Cawapres dengan isu ekonomi itu sangat menarik disaksikan masyarakat. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti sekarang.

Ketiga Cawapres diyakini akan menyampaikan program-program dan strategi bagaimana meningkatkan perekonomian, karena punya pengalaman yang berbeda-beda.

"Masing-masing Cawapres akan mempertanyakan bagaimana cara mencapai angka pertumbuhan ekonomi yang tinggi," kata Usmulyadi.

Di sisi lain, tiga cawapres diyakini juga akan beradu gagasan soal ekonomi digital yang saat ini trend, tapi kemanan siber masih rendah. Termasuk pulang Indonesia menjadi negara superpower di bidang ekonomi .

"Tapi gagasan-gagasan yang disampaikan itu, menurut saya terlalu luas," ujar Usmulyadi.

"Rakyat kita ini hanya perlu program yang konkret, bagaimana kebutuhan pokok mudah didapat, harganya murah, lapangan kerja mudah, pendidikan murah," lanjutnya.

Karena itu, program-program konkret yang mendasar menjadi penting untuk disampaikan ketiga Cawapres. Bukan hanya janji-janji yang sulit untuk direalisasikan.

Apalagi, komposisi penduduk Indonesia dengan pendidikan menegah ke bawah lebih besar dari pada pendidikan menengah ke atas. Maka, penyampaian program harus lebih mudah dipahami.

"Masyarakat hanya perlu program yang konkret. Bukan janji hayal, karena yang mereka mau bagaimana kehidupan mereka lebih baik, besok mereka bisa makan dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga, biaya listrik murah," ucapnya lagi.

Karena itu, Usmulyadi berharap, konsep ekonomi yang pro rakyat dan dapat dirasakan langsung masyarakat, sangat dinanti dalam debat besok.

Dari tiga Cawapres itu, Usmulyadi yakin Mahfud MD dinilai akan mendominasi debat. Sebab, Mahfud merupakan guru besar yang punya pengalaman lengkap. Pernah jadi hakim MK, menteri hingga politisi.

"Saya rasa Prof Mahfud yang akan mendominasi. Kalau yang lain itu datar saja," pungkasnya.(andi)***

Leave a comment