Pemkab Kayong Utara Terima DIPA-TKD 2024, OPD Diminta Disiplin Melaksanakannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Transfer ke Daerah atau DIPA-TKD Tahun Anggaran 2024.

DIPA-TKD itu diterima langsung oleh Pj Sekda Kayong Utara Erwin Suderajat. Penyerahanya dirangkai dengan penandatanganan fakta integritas, sebagai komitmen dalam melaksanakannya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyerahan DIPA-TKD Tahun Anggaran 2024 ini dilakukan secara digital, dengan mengangkat tema: Mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Pj Sekda Ketapang, Erwin Suderajat memastikan, pelaksanaan DIPA-TKD Tahun Anggaran 2024, akan dilakukan dengan penuh tanggung jawab, sesuai aturan yang berlaku.

Karena itu, ia meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, benar-benar melaksanakan program sebaik mungkin.

"Gunakan anggaran yang telah diserahkan untuk dilaksanakan secara disiplin dan tepat sasaran,” pesannya.

Ia pun menekankan, semua penggunaan anggaran harus dapat dipertanggungjawabkan, dan tak kalah penting benar-benar menyentuh kebutuhan masyarakat.

“Dalam penggunaan anggaran selalu utamakan transparansi dan akuntabilitas pertanggungjawabannya,” tegasnya.

“Eksekusi sesegera mungkin anggaran mulai Januari dan direalisasikan secepat cepatnya, disiplin dan tepat waktu," lanjut Erwin.

Di kesempatan itu, Erwin tak lupa menyampaikan apresiasi atas capaian realisasi serapan anggaran 2023, yang sudah mencapai 97,06 persen.

"Begitu juga saya apresiasi jajaran OPD atas capaian kinerja penyaluran transfer ke daerah tahun anggaran 2023 secara keseluruhan yang sudah mencapai 93,37 persen," ucap Erwin.

Ia menegaskan, anggaran APBN dan APBD yang dibelanjakan adalah uang rakyat, sehingga harus bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Manfaatkan dana alokasi transfer ke daerah secara maksimal untuk perbaikan layanan publik, pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur," jelas Erwin.***

Leave a comment