Anggaran Pilkada Sanggau 2024 Capai Rp 62 Miliar

6 Mei 2024 19:47 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau, Antonius.

SANGGAU, insdepontianak.com -- Kepala Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau telah mempersiapkan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Sanggau 2024 sebesar Rp 62 Miliar. 

Anggaran tersebut ditegaskan Kepala Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius
sebagai dana hibah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sanggau 2023 dan 2024.

"Anggaran tidak ada persoalan,  artinya Pemerintah Daerah melalui APBD kita telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan Pilkada," kata Antonisus saat ditemui insidepontianak.com di kantornya, Senin (6/5/2024) siang.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius menjelaskan, alokasi anggaran Pilkada Sanggau 2024 untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp 42 Miliar, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rp 14 miliar, Polri Rp 5 Miliar dan TNI Rp 1 Miliar.

"Dalam hal penggunaan, KPU, Bawaslu, TNI dan Polri empat unsur itu," ucapnya.

Kemudian kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius untuk saat ini pemerintah telah mentransfer anggaran penyelenggaraan Pilkada sebesar 40 persen ditahun 2023. 

Selanjutnya, sisa 60 persen baru bisa digunakan minimal lima bulan sebelum Pilkada 2024.

"Memang berkaitan dengan aturan yang mengatur bahwa secara khusus untuk Pilkada penganggaran itu diberikan secara dua tahap. Tahap pertama diberikan kemarin tahun 2023 tahap kedua diberikan tahun 2024," ujarnya.

Lebih jauh, Antonius, pria yang telah menjabat Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau sejak 2015 itu berharap penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sanggau bisa berjalan dengan aman, lancar dan damai. 

Yang mana pada Pemilu 2024 yang lalu pelaksanaan telah berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan konflik di tengah masyarakat dan nihil sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya kira prestasi yang kita dapatkan pada Pemilu ini kita pertahankan. Jangan sampai timbul konflik segela macam, nah ini yang jadi tugas kita bersama," harapnya.

Melihat pertisipasi masyarakat dalam dalam Pemilu Februari 2024 yang lalu berada di angka 82.60 persen. 

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sanggau, Antonius berharap pada Pilkada November 2024 mendatang bisa lebih meningkat partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam berdemokrasi. 

"Jadi intinya partisipasi masyarakat kita sudah mulai meningkat, tentu kita harapkan di Pemilu yang akan datang dan Pilkada sebentar lagi kita berharap semakin besarlah kesadaran mereka dalam menggunakan hak pilihanya untuk menentukan pemimpin kita," pungkasnya. (ans)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment