Cek Kesiapan Nataru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Jakarta Aman dan Andal

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JAKARTA, insidepontianak.com - PT PLN (Persero) memastikan keamanan dan keandalan pasokan listrik saat malam Natal 2023.

PLN terus menyiagakan personel di lokasi-lokasi ibadah untuk memastikan perayaan Natal 2023 berjalan dengan lancar.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo saat mengecek kesiapan pasokan listrik malam Natal mengatakan, PLN terus menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan selama Nataru.

Mulai dari sisi pasokan energi primer, pembangkit, jaringan transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan.

“Kami telah siapkan sebaik-baiknya dengan memastikan sistem kelistrikan zero mistake, zero tolerance, zero blackout. Petugas kami terus menjaga keandalan listrik agar perayaan Natal 2023 ini bisa berjalan dengan penuh suka cita," ucap Darmawan.

Dirinya berpesan kepada seluruh petugas untuk bersiaga penuh dalam menjalankan tugas menjaga kelistrikan Natal dan Tahun Baru.

Pada kesempatan berbeda, Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto meninjau langsung posko siaga PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Jakarta Raya, di Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (23/12/2023).

Adi juga melakukan pemantauan secara real time 16 posko siaga kelistrikan di wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya melalui dashboard distribusi listrik di Distribution Control Center (DCC).

Selain itu, PLN juga melakukan titik pemantauan kelistrikan di 234 gereja di wilayah Jakarta. Titik pantau utama berada di Gereja Katedral dan GPIB Imanuel.

"Para petugas bekerja all out dalam mengamankan kelistrikan dan melayani masyarakat," ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Lasiran mengatakan, pasokan listrik di Jakarta saat ini dalam kondisi cukup dan aman.

Saat ini PLN UID Jakarta Raya memiliki pasokan daya listrik 9.062 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5.800 MW, sehingga masih ada cadangan 36 persen.

Untuk memastikan kelistrikan aman di titik utama pemantauan Natal, PLN menyiapkan pengamanan pasokan listrik empat lapis dan petugas siaga 24 jam untuk menjaga kelistrikan tetap andal saat pelaksanaan ibadah berlangsung.

“PLN UID Jakarta Raya siap menjaga keandalan pasokan listrik selama Natal 2023, sehingga umat Kristiani dapat beribadah dengan aman dan nyaman tanpa adanya gangguan dari sistem kelistrikan,” pungkas Lasiran.***

Tags :

Leave a comment