Relawan Ganjar - Mahfud Bikin Doa Bersama dan Tumpengan Bareng Masyarakat Pinggir Hutan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

JEMBER, insidepontianak.com - Relawan Ganjar - Mahfud MD di  Jawa Timur, menggelar doa bersama dan selamatan di Dusun Kulon Gumuk, Desa Curahnongko, Kecamatan Tempur Redjo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan doa bersama dan tumpengan berlangsung di Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR). Hadir dalam acara itu, para wakil dari  Relawan Gerak Ganjar - Mahfud Kabupaten Jember, dan DPD Seknas Jokowi, Kabupaten Jember.

“Kegiatan ini untuk mendoakan Bapak Ganjar Pranowo dan Bapak Mahfud MD, agar tetap sehat dan kuat,” kata Juari, Ketua Kelompok Tani Perjuangan Curahnongko yang bertindak sebagai tuan rumah acara.

Juari mengungkapkan, para warga terus menuntut hak redistribusi tanah seluas 332 hektar. Mereka berharap bila pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menang Pilpres, akan menyelesaikan masalah dengan perusahaan BUMN PTPN XII.

"Kami sudah mengupayakan proses penyelesaian kasus tanah Curahnongko. Yang sudah terjadi dari masa ke masa pemerintahan Presiden di Indonesia,” kata Juari, “termasuk pada era pemerintahan Presiden Jokowi.”

Masalah itu belum ada titik terang dan penyelesaian masalah.

Warga telah sepakat memilih Capres dan Cawapres no urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Mereka yakin, kedua tokoh itu paham problematika konflik agraria dalam Pemilihan Presiden, 14 Februari 2024.

RBPR, Relawan Gerak Ganjar Mahfud dan Seknas Jokowi merupakan organ non-partai politik pendukung Capres dan Cawapres Ganjar - Mahfud.

Dukungan RBPR, Relawan Gerak Ganjar Mahfud dan Seknas Jokowi diberikan dengan mensosialisasikan dan  program-program kerja pasangan Capres dan Cawapres no urut 3 Ganjar - Mahfud di masyarakat, melalui metode canvasing door to door.

Wakil Ketua DPD Seknas Jokowi Kabupaten Jember, Suryantari Maviarini, juga Koordinator Posko Perhutanan Sosial mengatakan, pihaknya telah banyak melakukan aktivitas pendampingan masyarakat, melalui posko perhutanan sosial.

“Setelah kami bergerak di Madiun dan Lumajang, kami juga bergerak untuk melakukan sosialisasi program perhutanan sosial, sekaligus membuka posko perhutanan sosial di Kabupaten Jember,” kata Suryantari Maviarini.

Selama ini posko-posko perhutanan sosial difungsikan untuk memberi pengertian tentang pemanfaatan hutan. Termasuk juga pedoman memperoleh Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) selama 35 tahun.

RBPR, Relawan Gerak Ganjar - Mahfud dan Seknas Jokowi mendoakan agar Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo - Mahfud MD, bisa memperhatikan masyarakat pinggiran, seperti di Desa Curahnongko, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

“Saat ini masih ada problem sengketa agraria, antara masyarakat dengan perusahaan BUMN PTPN XII,” kata Suryantari Maviarini. (ril)

Leave a comment