Li Claudia Chandra Peduli Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Dapil Kalbar 2

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

INSIDEPONTIANAK.com – Li Claudia Chandra, Caleg DPR RI Partai Gerindra, Dapil Kalbar 2, peduli pelayanan kesehatan lebih baik, untuk wilayah timur Kalimantan Barat.

Alin, demikian ia biasa dipanggil, telah berkeliling di lima wilayah, Dapil Kalbar 2. Yaitu, Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Sekadau, Melawi dan Sanggau.

Dari kunjungan dan blusukan tersebut, Alin menilai bahwa, sama halnya dengan pendidikan. “Ketersediaan sarana kesehatan yang  memadai, juga harus di topang oleh Insfrastruktur yang baik,” kata Alin, Ketua DPC Gerindra Tangerang Selatan tersebut.

Ketika blusukan ke lima wilayah timur Kalbar, Alin kerap mendengar cerita bahwa, ibu yang akan melahirkan, harus menerjang beratnya jalanan yang masih tanah.

“Warga yang sakit ingin berobat ke rumah sakit yang lebih lengkap fasilitasnya,” kata Wakil Ketua DPRD Tangerang Selatan itu.

Alin menegaskan, pemberdayaan klinik-klinik mandiri dan swasta, serta bidan di pedesaan, perlu didorong untuk menjadi fasilitas kesehatan tingkat pertama. Selain itu, Puskesmas perlu dibangun di daerah yang terjangkau.

Berdasarkan data Badan Pusat dan Statistik Kalbar, dari tahun 2020-2022, setiap tahunnya hanya terjadi penambahan satu Puskesmas di Kalbar. Bila tahun 2020, jumlah Puskesmas di Kalbar sebanyak 246 unit, tahun 2021 menjadi 247 unit, dan tahun 2022 menjadi 248 unit.

Ambulance gratis milik Partai Gerindra di wilayah timur Kalbar. (Ist)

Di wilayah timur Kalbar tak ada penambahan jumlah Puskesmas, selama 2020-2022. Jumlah Puskesmas di Kabupaten Sanggau, sebanyak 19 unit. Tidak ada penambahan selama 2020-2022. Begitu juga di Kapuas Hulu, jumlahnya 23 unit. Melawi hanya 11 unit. Sekadau 12 unit. Sintang 20 unit.

Melihat kondisi itulah, Alin menyumbangkan lima unit ambulance, agar masyarakat terbantu, bila mereka sakit.

Alin menegaskan, bila ia diberikan amanat untuk menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Kalbar 2, ia memiliki target untuk menyediakan 22 unit ambulance di 22 Dapil di lima kabupaten di wilayah timur Kalbar.

“Ambulan ini pemanfaatanya gratis,” kata Li Claudia Chandra dari Partai Gerindra tersebut memastikan.(ril)

Leave a comment