PLN Siap Pasok Listrik 147.000 VA untuk Percepatan Operasional Bandara Udara Singkawang

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com – PLN siap pasok listrik sebesar 147.000 VA, untuk mendukung percepatan operasional bandara udara Kota Singkawang.

Komitmen ini telah diwujudkan lewat pembangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 4,58 kms, gardu distribusi berkapasitas 160 kVA, yang sudah rampung sepenuhnya.

"Ini merupakan bentuk dukungan kami agar kegiatan operasional bandara yang direncanakan akan dilakukan uji coba landasan pada akhir bulan Januari 2024 ini, dapat berjalan dengan lancar," kata General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, Selasa (23/1/2024).

Ia melanjutkan, PLN juga meningkatkan keandalan sistem mulai dari pembangkit, transmisi hingga distribusi untuk menunjang operasional bandar udara Singkawang ke depannya agar berjalan lancar.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pasokan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi di Bandar Udara Singkawang yang menjadi salah satu Proyek Strategi Nasional," Ujar Jatmiko.

Ia menegaskan, salah satu misi PLN adalah mengupayakan agar tenaga listrik menjadi penunjang kegiatan ekonomi. Untuk itu, PLN akan selalu siap berkontribusi dalam menyediakan pasokan listrik, baik untuk menunjang kegiatan pembangunan perekonomian masyarakat maupun pemenuhan kebutuhan listrik untuk UMKM dan rumah tangga.

Sementara itu, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Tebelian Sintang, Patah Atabri mengatakan, bandar Singkawang I merupakan bandara yang berstatus sipil. Memiliki dimensi landasan pacu 1400 x 30 meter dan berpredikat sebagai bandara domestik.

Saat ini proses pembangunannya sudah memasuki babak penyelesaian pembangunan dan akses jalan, gedung terminal, landasan dan gedung lain dan diprediksi akan siap operasi dalam waktu dekat.

"Pembangunan sudah mencapai 94 persen dan masih on progress, namun untuk landasan sudah bisa digunakan dan uji coba akan dilakukan pada tanggal 24 Januari 2024," jelas Atabri.

Ia menambahkan, rencana ke depannya akan menambah daya pasokan listri ke 555 KVA, mengingat nantinya operasional memerlukan daya lebih besar.

Kepada seluruh pihak terkait, termasuk PLN yang telah bekerja sama dengan baik mewujudkan pembangunan Bandara Singkawang diucapkan terima kasih. Sebab, dengan kerja sama itu, pekerjaan penyambungan listrik ke Bandar Udara Singkawang dapat terlaksana sesuai harapan.***

Leave a comment