Memasuki Masa Tenang, Bawaslu Kayong Utara Copot Semua APK Peserta Pemilu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Bawaslu Kayong Utara gerak cepat membersihkan seluruh alat peraga kampanye atau APK, seiring tahapan masa tenang tiba, Minggu (11/2/2024) dini hari.

Pencopotan APK ini dilakukan serempak di 6 Kecamatan. Ketua Bawaslu Kayong Utara Kosasih mengatakan, sosialisasi masa tenang dan pencopotan APK sudah disampaikan kepada partai politik.

“Dengan harapan pihak bersangkutan dapat mencopot sendiri. Malam kemarin, sesuai aturan, maka APK yang masih  terpasang kita tertibkan," tegasnya.

Lebih lanjut Kosasih juga mengingatkan kepada seluruh partai politik untuk tidak kembali memasang atribut partai di masa tenang.

Proses penertiban APK juga dipantau langsung Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya. Ia juga menigimbau semua pihak patuh terhadap aturan di masa tenang, jelang tiga hari pencoblosan.

“khusus terhadap ASN, mupun pegawai pemerintah daerah lainnya untuk dapat bersama-sama menaati dan menghormati aturan pemilu, dengan tidak terlibat politik praktis,” pesannya.

Ia memastikan, Pemkab Kayong Utara sudah mengeluarkan edaran fakta integritas, untuk menjaga netralitas ASN.

“Ini sebagai rambu-rambu. Secara regulasi tentu hal ini sudah dipahami, dan memahami konsekuensinya," tegasnya.

Ia pun meminta masyarakat mengawasi ASN di musim Pemilu ini. Bila menemukan ASN berepolitik praktis, segera laporkan berikut bukti-buktinya.***

Tags :

Leave a comment