Dewan Pakar ILUNI UI Kalbar Tekankan Pentingnya Pembangunan Pendidikan untuk Kemajuan Daerah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dewan Pakar Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Kalimantan Barat, Herzaky Mahendra Putra menekankan pentingnya pembangunan pendidikan menjadi prioritas.

Sebab, pendidikan merupakan fondasi atau pilar utama bagi kemajuan suatu daerah. Baginya, tanpa investasi yang serius dalam bidang pendidikan, suatu daerah akan sulit untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Sebab, pendidikan, menentukan kualitas sumber daya manusia atau SDM, kesejahteraan yang merata, dan daya saing anak-anak muda.

"Maka, pendidikan memiliki peran yang sangat vital meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan menentukan masa depan suatu daerah," jelas Herzaky.

Ia melanjutkan, ketidaksetaraan akses pendidikan akan menghambat potensi manusia dalam berkontribusi bagi kemajuan daerah.

Maka, diyakininya, bila sutu daerah ingin maju dan berkembang, pemerintahnya harus mendorong kemudahan bagi seluruh masyarakat dalam mengakses pendidikan.

"Karena itu, kemudahan akses pendidikan harus dijamin oleh pemerintah, tanpa membeda-bedakan status sosial,” ucapnya.

“Mari kita bersama-sama membangun fondasi yang kokoh bagi kemajuan daerah kita melalui pendidikan yang berkualitas," ajaknya.***

Leave a comment