Pj Walikota Siapkan 56 Ton Beras Cadangan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Meski harga beras premium di sejumlah kawasan terpantau naik.

Tidak terjadi dengan harga beras medium. Pj Walikota Pontianak Ani Sofian menegaskan jika harga beras medium di Pontianak turun.

Ani Sofian bahkan menegaskan Pemkot Pontianak mencadangkan 56 ton beras untuk masyarakat Kota Pontianak.

"Cadangan beras Pemkot Pontianak mencapai 50 ton, sementara kebutuhan beras masyarakat mencapai 4,9 to ," ungkapnya kepada insidepontianak, Senin (26/2/2024).

Meski demikian Pj Walikota Pontianak tak menampik terjadi kenaikan beras premium yang ada di Kota Pontianak.

"Kenaikan beras yang terjadi adalah beras premium, kenaikan ini terjadi sebagian besar dihadapi kabupaten/kota se Indonesia. Tetapi untuk beras medium di Pontianak turun,"

Mengantisipasi kenaikan harga beras di Kota Pontianak salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak salah satunya pelaksanaan operasi pasar.

"Operasi pasar akan dimulai tanggal 1 hingga 6 diseluruh kelurahan di Kota Pontianak, terdiri dari beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram dan minyak makan 1 liter. Jumlah paket yang disiapkan Rp6.000 paket, dengan harga Rp60.000, ada subsidi Rp. 31.000 per paket," jelasnya.

Diakuinya dana yang digunakan adalah dengan menggunakan dana CSR BUMD Kota Pontianak.

"Setelah menggunakan dana CSR pemerintah Kota Pontianak akan menggunakan sebagian beras cadangan pangan yang saat ini tersedia 56 ton," jelasnya.

Ditambahkannya dalam rangka mengantisipasi bulan puasa, di samping juga akan mengajak distributor untuk melakukan gerakan pasar murah.

"Setelah dilakukan di Bulan Januari dan awal Februari yang lalu, serta melakukan peninjauan ke gudang-gudang distributor maka beras di Kota Pontianak cukup hingga beberapa bulan kedepan," tutupnya. ***

Leave a comment