Nihil PSU, KPU Sanggau Gelar Pleno Hasil pada 27 Februari

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Nihil pemungutan suara ulang (PSU) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sanggau klaim pelaksanaan pemungutan suara dalam Pemilu serentak 14 Februari lalu berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Proses rekapitulasi hasil ditingkat kecamatan dimaksimalkan selesai hari ini.

Klaim tersebut diungkapkan lansung oleh Ketua KPU Sanggau, Iis Supianto. Menurutnya secara umum pelaksanaan pemilu di Kabupaten Sanggau bisa berjalan aman, lancar dan kondusif berkat kerjasama semua pihak, baik itu pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan Bawaslu.

"Dan yang penting juga adalah support dari teman-teman Bawaslu dan seluruh jajarannya, sehingga setiap potensi apapun terhadap pelanggaran sudah dapat kita minimalisasi dengan baik," ujar Iis Supianto saat diwawancarai di Kantor Camat Kapuas, Senin (26/2/2024) saat meninjau proses rekapituasli suara di Kecamatan Kapuas.

Dari 1.692 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 15 kecamatan tak satupun yang dari ribuan TPS tersebut yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU). "Sesuai dengan mekanisme yang ada jika memang ada PSU itu kan tentu ada rekomendasi dari Bawaslu ya, nah sampai dengan terakhir tidak ada rekan-rekan Bawaslu itu menyampaikan rekomendasi," dikatakannya.

"Artinya seluruh proses yang kita laksanakan di bawah sudah dapat kita tekan terhadap pelanggaran-pelanggarannya," imbuh Ketua KPU Sanggau.

Sampai sekarang ini tahapan Pemilu yang berjalan adalah rekapituasli hasil perhitungan di tingkat kecamatan. Iis membeberkan, masih ada dua Kecamatan lagi yang tersisa yaitu Kecamatan Meliau dan Kecamatan Hilir yang ditargetkan hari ini sudah akan selesai untuk pelaksanaannya.

Kemudian, setelah semua tahapan rekapitulasi ditingkat kecamatan selesai maka dilanjutkan dengan rekapitulasi di tingkat Kabupaten oleh KPU. "Kita sudah menjadwalkan juga mulai dari tanggal 27 Februari sampai dengan tanggal 3 Maret kita akan melakukan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten," bebernya.

Iis Supianto yang untuk pertama kalinnya menjadi Ketua KPU untuk masa jabatan 2024-2029 itu berharap pihaknya mampu menyelesaikan seluruh tahapan Pemilu dengan baik. semua pihak pula diminta untuk mendukung pelaksanaan tahapan ini sampai dengan selesai sehingga tercipta pemilu yang aman lancar kondusif guna mencapai pemilu yang berkualitas dan berintegritas. (ans)

Leave a comment