Pj Bupati Suherman Apresiasi Kinerja Baznas Sanggau

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau mendapat apresiasi dari Pj Bupati Sanggau, Suherman.

Dalam pengelolaan kelembagaan untuk pengentasan kemiskinan, stunting dan membantu masyarakat kurang mampu serta membutuhkan.

Apresiasi tersebut disampaikan saat menghadiri sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Zakat, Infaq dan Sedekah dalam rangka pembentukan unit pengumpulan zakat di Organisasi Perangkat Daerah dan instansi vertikal serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) pada Kamis (29/2/2023) di Aula Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Suherman menyampaikan, Baznas sebagai lembaga pemerintah non struktural di bawah kementrian agama diharapkan mampu membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat.

Dengan pengelolaan dan pendistribusian hasil pengumpulan zakat secara baik maka dampaknya akan dapat dirasakan masyarakat secara maksimal.

"Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan daya hasil guna, zakat harus dikelola secara melembaga sesuai dengan syariat islam," kata Suherman.

Atas kinerjanya, Suherman memberikan apresiasi kepada Baznas Sanggau yang telah pro aktif membantu pemerintah dalam pengentasan stunting.

"Tadi disampaikan bahwa Baznas telah membantu dalam penanganan stunting, oleh karena itu saya atas nama pemerintah kabupaten sanggau sangat mengucapkan terima kasih atas turut sertanya dalam membantu penanganan stunting," ucapnya

Suherman berharap, dengan pembentukan unit pengumpul zakat (UPZ) di tiap-tiap OPD dan instansi vertikal serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) bisa memaksimalkan potensi zakat yang ada.

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Kabupaten Sanggau Hamka Surkati berharap dengan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini setiap UPZ yang ada bisa memiliki motivasi yang lebih kuat untuk menghimpun zakat.

Hamka menambahkan, saat ini ada beberapa OPD dan Instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sanggau yang telah rutin menyetor Zakat kepada Baznas. "Bagi OPD yang telah meyetorkan zakatnya kepada kami, kami berikan apresiasi dengan memberikan beasiswa kepada anak-anak petugas kebersihan atau tukang kebun tentunya bukan ASN, yang bekerja di kantor OPD tersebut," ujar Ketua Basnaz Kabupaten Sanggau. (ans)

Leave a comment