Kena Banjir, Jalan Pelang-Batu Tajam Rusak Parah, Pemda Ketapang Gercep Perbaiki

27 Oktober 2022 14:42 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, inisidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Ketapang, gerak cepat tangani kerusakan Jalan Pelang-Batu Tajam.

Ruas Jalan Pelang-Batu Tajam sendiri rusak parah sejak beberapa waktu terakhir akibat terendam banjir. Kondisi ini membuat kendaraan harus antre berkilo-kilo.

Tapi, kerusakan Jalan Pelang-Batu Tajam kini mulai diperbaiki Pemerintah Kabupaten Ketapang. Supaya akses masyarakat bisa kembali lancar dan normal.

Baca Juga: Atta Halilintar, Kevin Aprilio, Adri Prakarsa, hingga Taqy Malik dan Mario Teguh Dilaporkan Korban Trading

"Hari ini (red, Rabu) saya sudah memanggil Kadis PUTR, Kadishub, Kasatpol PP dan Asisten 2 untuk membahas penanganan darurat Jalan Pelang," kata Sekda Ketapang, Alexander Wilyo, Rabu (26/10/2022).

Sebelumnya kata Sekda Alexander Wilyo, penanganan ruas Jalan Pelang-Batu Tajam sudah diserahkan kepada perusahaan lewat program CSR.

Setidaknya ada empat perusahaan yang bertanggung jawab tangani kerusakan Jalan Pelang-Batu Tajam. Di antaranya PT Limpa, PT BGA, PT Arrtu dan PT LAP.

Baca Juga: Viral Anak Papua Tukar Seikat Bayam dengan Lauk, Bikin Mewek Netizen

Keempat perusahaan ini sudah menjalankan kewajibannya lewat dana CSR masing-masing. Hanya saja Jalan Pelang-Batu Tajam kembali rusak parah akibat terendam banjir.

Sehingga, untuk penanganan darurat, Pemkab Ketapang mengambil alih. Supaya ada solusi cepat untuk masyarakat yang menggunakan akses jalan tersebut.

"Kadishub, Camat MHS Camat Sei Melayu dan alat berat PUTR sudah meluncur ke lokasi untuk melakukan penanganan darurat. Sekarang sudah ditangani dan tidak macet lagi saat ini," terangnya.

Baca Juga: 1.052 Siswa di Sanggau Ikuti Aksi Bergizi Serentak

Selain itu, Sekda Alexander Wilyo mengatakan sudah meminta perusahaan melakukan penimbunan menggunakan pasir dan batu laterit.

"Hari ini dari PT Limpa sudah mengirim 8 ton semen beku untuk menimbun titik yang rusak parah," tuturnya.

Sekda Alexander Wilyo menambahkan, kalau ia juga meminta Dinas Perhubungan, Satpol PP, serta dukungan dari Satlantas Polres Ketapang untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas.

"Dishub sudah kita minta memasang rambu-rambu jalan di sepanjang jalan Pelang-Batu Tajam, serta mempersiapkan timbangan untuk pengecekan tonase yang akan dibackup Satpol PP dan Polres," terangnya.***

Leave a comment