Pemkab Kayong Utara Pelajari Manfaat Bioteknologi untuk Tangani Stunting

3 Maret 2024 09:28 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com  - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara pelajari manfaat bioteknologi untuk penanganan stunting.

Untuk mengetahui pemanfaatan bioteknologi lebih dalam, Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad melakukan studi banding ke PT Algae Bioteknologi Internasional, Sukoharjo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Kunjungan kerja itu turut didampingi Plt Kadinkes-KB Kayong Utara, Iwan Dwi Purnomo. Effendi menyampaikan, hasil studi banding itu memberikan banyak pengetahuan.

Misalnya, spirulina atau tanaman mikro alga yang dibudidayakan PT Algae Bioteknologi Internasional ternyata bisa mencegah stunting dan gizi buruk. Sebab, hasil riset, tanaman ini memiliki kandungan protein yang cukup besar, yakni 70 persen.

"Untuk itu, kita tertarik untuk berkunjung langsung pada pihak yang telah melakukan riset dan pengembangan selama bertahun-tahun," ucap Wabup Effendi.

Diharapkan, tanaman itu bisa dibudidayakan di Kayong Utara, dan dimanfaatkan untuk menurunkan angka stunting di masa yang akan datang.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB, Iwan Dwi Purnomo menyampaikan akan mendalami sejauh mana pemanfaatan produk olahan algae spirulina, dapat dimanfaatkan di Kabupaten Kayong Utara dalam rangka penurunan angka stunting.

"Kita akan support pada beberapa Desa lokus penurunan stunting yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah. Mudah-mudah upaya yang kita lakukan ini memiliki dampak yang baik bagi penurunan stunting," harapnya.***

Leave a comment