Disnakertrans Pemprov Kalbar Nilai Perusahaan di Kalbar Relatif Patuh Terapkan K3, Ini Indikator Penilaiannya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Manto Saidi memastikan, pihaknya sangat serius melakukan penilaian budaya kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 di perusahaan-perusahaan.

Penilaian rutin dilakukan jelang peringatan bulan K3 yang dilaksanakan setahun sekali. Yakni mulai 12 Januari sampai 12 Februari. Di Kalbar sendiri, tercatat 3.000 lebih perusaan yang aktif beroperasi.

"Dalam rentang itu (red, peringatan bulan K3) kami melakukan penilaian yang lebih intensif ke perusahaan-perusahaan. Ini menjadi bagian dari peringatan bulan K3," kata Manto Saidi dalam program Inside Talk yang dipandu oleh Pemred Insidepontianak.com, Wati Susilawati, yang disiarkan lewat kanal YouTube Inside Pontianak.

Menurutnya, hasil penilaian terhadap penerapan budaya K3, tergambar cukup patuh dijalankan oleh perusahan-perusahaan di Kalbar. Ini terlihat dari antusiasme perusahaan-perusahan dalam mengikuti kompetisi penghargaan zero accident yang digelar oleh pemerintah.

Penghargaan ini baru bisa didapatkan perusahaan apabila mereka bisa menjaga zero accident selama tiga tahun berturut-turut. Untuk mencapai indikator ini, tentu sangat tak mudah. Apalagi bagi perusahaan yang memiliki karyawan yang banyak.

Dan tahun ini kata Manto, ada puluhan perusahaan yang sangat partisipatif mengikuti kompetisi zero accident tersebut. Hasil verifikasi faktual, mereka yang ikut kompetisi ini sudah memenuhi indikator K3 baik secara teknis maupun administrasi.

"Dari indikator ini, hasil penilaian kami secara umum dapat menyimpulkan bahwa, perhatian perusahaan di Kalbar dalam menerapkan K3 relatif baik. Terutama perusahaan besar. Mereka menjaga sekali nama baiknya," ucap Manto.

Di sisi lain menurut Manto, banyak pula perusahaan di Kalbar yang tak mengikuti kompetisi zero accident, sejatinya secara teknis juga sudah sangat baik dalam menerapkan budaya K3.

Hanya saja, perusahaan ini belum baik dalam melaporkan penerapan 3 secara administrasi. Sehingga menjadi ganjalan bagi mereka untuk mengikuti kompetisi zero accident.

WHW Komitmen

Sebagaimana diketahui, PT WHW menjadi salah satu perusahaan yang menerima penghargaan zero accident, dari Pemprov Kalbar, dalam peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 2022.

"Kita berhasil meraih 5 penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, sebagai perusahaan terbaik dalam pekerjaan layak yang berbudaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3," kata Direktur WHW, Deyong Tian.

Penghargaan zero accident yang diraih ini merupakan bukti nyata perusahaan WHW sangat komitmen menerapkan budaya K3 di lingkungan kerja.

Pencapaian itu merupakan hasil kerja sama seluruh karyawan yang sudah sangat patuh menjalani standar operasional prosedur atau SOP K3 dalam bekerja.

"Kami berharap, penghargaan ini menjadi motivasi supaya lebih baik ke depan. Sehingga iklim kerja di WHW semakin memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan serta bisa mewujudkan amanat masyarakat Indonesia meningkatkan hasil mineral Tanah Air," ucap Deyong Tian.***

Leave a comment