Hanura Kalbar Daftarkan Bacaleg, Target Menang 72 Kursi

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Hanura Kalbar, resmi mendaftarkan kader menjadi bakal calon legislatif atau bacaleg secara serentak di seluruh KPU kabupaten/kota dan provinsi, Rabu (10/5/2023).

Ketua Bapilu Hanura Kalbar, Suib mengungkapkan, pemilihan tanggal 10 bermakna tersendiri. Sebab, tanggal itu persis dengan nomor urut partai. Di samping itu, angka 10 juga dianggap keramat.

Baca Juga: Oso: 10 Angka Keberuntungan

"Karena hari Pahlawan kan juga tanggal 10," kata Suib.

Menurutnya, caleg-caleg yang didaftarkan untuk mengikuti kontestasi Pileg 2024 didominasi wajah baru, walau ada 49 orang merupakan Incumbent.

Selain itu, keterwakilan caleg perempuan partai yang dikomandoi Oso ini, diklaim mencapai 45 persen. Caleg-caleg ini datang dari berbagai kalangan dan profesi.

Mulai dari keterwakilan pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga mantan wali kota. Suib meyakini, caleg yang telah didaftarkan potensial mendulang suara.

Baca Juga: Pemilu 2024, Hanura Sanggau Daftarkan 40 Caleg Kabupaten ke KPU

Adapun target kemenangan di semua daerah di Kalbar dipatok 72 kursi. Suib optimis target itu tercapai. Sebab, saat ini Hanura memiliki total 47 kursi di DPRD kabupaten/kota dan di DPRD Provinsi Kalbar.

"Secara keseluruhan kita targetkan mengalami peningkatan 90 persen," tegas Suib.

Khusus di DPRD Provinsi Kalbar, Suib optimis partainya bisa memenangkan sembilan kursi atau menambah tujuh kursi dari dua kursi yang ada saat ini.

Optimisme ini bukan tanpa dasar. Suib memastikan, partainya sudah melakukan pemetaan potensi caleg potensial yang diprediksi bakal mendulang kemenangan.

Di samping itu, ketokohan Ketua Umum Oesman Sapta Oedang sebagai orang Kalbar, diyakini membawa magnet tersendiri dalam mendongkrak kemenangan.

Pada Pemilu 2024 nanti, Oso pun bakal maju untuk pertama kalinya sebagai bacaleg Hanura DPR RI daerah pemilihan atau dapil Kalbar I.

"Ini menjadi magnet calon legislatif baik kabupaten dan kota," ucap Suib.

Komisioner KPU Kalbar, Erwin Irawan mengatakan, pihaknya sudah menerima pendaftaran bacaleg Hanura. Ia memastikan, tahapan verifikasi berkas akan dilakukan pada Juni 2023.

"Hari ini pendaftaran kami terima. Nanti ada tahap verifikasi, dan perbaikan. Selanjutnya penetapan Daftar Calon Sementara atua DCS sampai tahapan pencalonan tetap," pungkasnya.(Andi)***

Leave a comment