Wabup Ketapang Farhan Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Luhur Pancasila

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Wakil Bupati Ketapang, Farhan mengajak seluruh masyarakat menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, nilai luhur Pancasila merupakan perekat persatuan. Juga memiliki pesan semangat gotong-royong. Maka, Pancasila harus diamalkan.

"Nilai-nilai luhur Pancasila itu berdasarkan sendi-sendi kehidupan masyarakat indonesia," ujar Farhan membacakan amanat Presiden  dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023).

Di momen peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Farhan ingin masyarakat memaknainya dengan cara menjaga persatuan dan bergotong-royong membangun Kabupaten Ketapang.

Semua persoalan-persoalan bangsa dan persoalan daerah harus dihadapi dan diselesaikan secara bersama-sama. Sebab, persatuan menjadi kunci dalam pembangunan.

"Misal pada hari ini di Kabupaten Ketapang dihadapkan dengan persoalan stunting, jadi tentu dalam menurunkan stunting tersebut harus dengan kebersamaan," ajaknya.

Selain itu, Farhan juga mengajak para pemuda Kabupaten Ketapang untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif. Pemuda harus menjadi pelopor pembangunan.

"Hindari perbuatan-perbuatan yang negatif banyakkan kegiatan yang positif dengan berkumpul melaksanakan bakti sosial, melakukan diskusi dan lainnya," pesannya.

Farhan juga menekankan dan mengingatkan agar para pemuda-pemudi di Kabupaten Ketapang tidak terjerumus dengan narkoba.

Selanjutnya pada peringatan Hari Lahirnya Pancasila tersebut, Pemerintah Kabupaten Ketapang sekaligus melaunching gerakan sepuluh juta bendera merah putih yang diserahkan secara simbolis kepada Camat dan Lurah.

"Kita launching gerakan ini tentu menjadi gerakan secara menyeluruh, secara masif karena di bangsa ini salah satu kebanggaan kita adalah bendera merah putih," ujar Wabup

"Oleh karena itu, dengan di launching bendera merah putih ini maka masyarakat Kabupaten Ketapang berkewajiban pada setiap peringatan hari besar nasional untuk menaikan bendera," tutupnya.***

Leave a comment